Merujuk Peta, Masalah Tapal Batas Sebenarnya Sudah Jelas

Share :

Peta Mesuji
ragamlampung.com – Pemerintah Provinsi Lampung menilai batas Kabupaten Tulang Bawang dengan Mesuji, sebenarnya sudah jelas karena sudah ada di peta. Di lapangan juga jelas batas tersebut. “Seharusnya sudah ada penyesuaian dan pemda setempat tegas menanganinya,” kata Sekdaprov Lampung Sutono.

Menurut Kadis Kehutanan Lampung itu, Pemprov Lampung sebenarnya hanya memfasilitasi tapi kewenangan ada di pemda setempat. “Kalau ada warga yang tidak suka karena batas tersebut bisa dibicarakan, kalau ingin digeser silakan saja asal tidak menyalahi aturan,” terangnya, kemarin (21/7/2016).

Sebelumnya Kepala Biro Tata Tertib Umum (Tatum) Provinsi Lampung Intizam menjelaskan, pemprov akan melakukan peninjauan tapal batas tersebut. Karena masalah ini sangat serius dan akan melakukan penyelesaian masalah ini. “Masalah ini sudah lama terjadi pada tahun 2012. Untuk itu peninjauan tapal batas bulan Agustus nanti.

Pemprov masih menunggu persiapan dari tim Penegasan Batas Daerah Kabupaten Tulang Bawang dan Mesuji.

Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo mengatakan, tapal batas di Kabupaten Tulang Bawang dan Mesuji sudah dilakukan musyawarah di Biro Tata Pemerintahan Umum (Kabitapum) Provinsi Lampung. Ia berharap Pemkab Tulang Bawang dan Mesuji tahu sejarah pemekaran tersebut sesuai undang-undang yang ada.

“Tapal batas harus cepat diselesaikan dengan musyawarah, agar menemukan titik temu jangan belarut-larut tidak ada penyelesaian,” katanya. (tedi)

Share :