Launching Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lampung Barat Tahun 2017

Share :

launching

ragamlampung.com – Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup)  Kabupaten Lampung Barat Tahun 2017 secara resmi dilaunching Selasa (02/08/2016) di Lapangan Indra Pati Cakra Negara. Ketua KPU Provinsi Lampung yang diwakilkan oleh Korwil Lambar Solihin beserta rombongan, Wakil Bupati Lambar Drs. Makmur Azhari,Wakil Ketua DPRD dan Anggota, Wakapolres, Kejari, Dandim 0422 Lambar, Forkopimda Lambar, dan Keluarga besar KPU Kabupaten Kota se Provinsi Lampung termasuk PPK dan PPS Se Lambar.

Launching Tahapan Pilbup  Kabupaten Lambar 2017 diawali dengan arak-arakan dari depan jalur dua Pemda yang diikuti ratusan  warga dan sakura. Selain Perwakilan dari KPU Provinsi Lampung turut hadir untuk memeriahkan Pesta Sekura demokrasi (Serasi ) perwakilan dari kabupaten tetangga.

Setelah mengikuti Arak-arakan, Ketua KPU Provinsi Lampung kemudian diminta untuk melaunching Tahapan Pilbup Lambar 2017. Acara Launching  Tahapan Pilbup ini ditandai dengan Pelepasan Balon secara bersama-sama dipimpin Ketua KPU Lambar, diikuti anggota DPRD, Wakil Bupati Lambar, serta sejumlah pejabat Forkopinda yang hadir dan dilanjutkan dengan panjat pinang oleh sekura sebanyak 15 buah pinang.

Pada kesempatan itu, Solihin mengajak kepada jajaran penyelenggara Pilbup, terutama KPU Kabupaten Lambar untuk dapat menunjukkan integritasnya. Sebagaimana Maskot yang sudah diusung KPU Lambar, yaitu SERASI (Sekura Demokrasi).

Solihin juga menyampaikan bahwa dengan diselenggarakannya jalan sehat sebagai rangkaian Launching Tahapan Pilbup Lambar ini dapat menjadi wahana sosialisasi dan berkomunikasi dengan warga masyarakat.di harapkan partisipasi pemilih akan lebih tinggi disbanding pemilu sebelumnya.

Sementara itu Wakil Bupati Lampung Barat Drs. Makmur Azhari menyampaikan pelaksanaan pemilihan umum (pemilu) bupati dan Wakil Bupati Lampung Barat yang sebentar lagi akan digelar laksanakan pada Februari 2017 yang akan datang. “Jangan dilihat sebagai suatu proses teknis penyelenggaraan belaka, namun harus dilihat sebagai bagian dari proses politik yang menentukan kehidupan masyarakat daerah kabupaten Lambar ini,”ungkapnya.

Selanjutnya untuk itu lembaga penyelenggara pemilihan umum bupati dan wakil bupati ini, mulai dari Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Lambar, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS), dan Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) harus dikelola secara independen dan tidak memihak salah satu calon dan peka terhadap kepentingan kemajuan daerah serta bebas dari tekanan dan paksaan siapapun.

Kemudian pemilihan bupati dan wakil bupati diselenggarakan untuk kepentingan daerah yang kita cintai ini, dan kita juga menginginkan pemilihan kepala daerah mendatang adalah pemilukada yang kondusif, aman, sejuk, lancar dan damai serta menghasilkan pemimpin yang adil dan terpercaya, yang akan membawa kabupaten lampung barat lebih maju kedepannya.

“Saya mengingatkan kepada semua aparatur sipil negara yang ada di kabupaten lampung barat agar selalu menjaga netralitas dalam menghadapi pemilihan kepala daerah serentak pada februari mendatang. hal ini merupakan bagian dari kewajiban sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bertanggung jawab dan berintegritas terhadap tugas mulia yang diembannya dalam memajukan tujuan nasional indonesia, dan memajukan daerah. netralitas pns dalam pilkada merupakan hal yang sangat esensial mengingat terdapat larangan bagi pns untuk berperan aktif dalam aktivitas pilkada,” pintanya. (edwin/tedi)

Share :