Enam Puluh Titik Api Terdeteksi di Pulau Sumatera

Share :

74titik-api

ragamlampung.com  – Titik api atau hotspot mulai terdeteksi di beberapa wilayah di pulau Sumatera, yang meliputi Sumatera Selatan, Jambi, Bangka Belitung, Sumatera Barat, Lampung, Sumatera Utara, Riau dan Aceh. Total terdapat 60 hotspot.

Kepala Seksi Observasi dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandara Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Agus Santosa, Rabu (3/8), mengatakan, pihaknya mencatat khusus untuk wilayah Sumatera Selatan, titik api terbanyak terdapat di Kabupaten Ogan Komering Ilir, yakni di sekitar Mesuji Raya dan Tulung Selapan.

hingga Rabu pagi (3/8/2016), di Sumatera Selatan terdeteksi 12 hotspot yang tersebar di tujuh kabupaten. Lima titik di antaranya di Ogan Komering Ilir. Rinciannya, empat titik di Desa Dabuk Makmur, Kecamatan Mesuji Raya. Selebihnya di Desa Tulung Selapan Ilir. Di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (1), Ogan Komering Ulu (1), Ogan Komering Ulu Selatan (1), Ogan Komering Ulu Timur  (1), Prabumulih (1), dan dua di Ogan Ilir.

Dua titik api di Ogan Ilir terdapat di Desa Arisan Jaya, Kecamatan Pemulutan Barat, daerah terdekat dengan Kota Palembang, ibu kota Provinsi Sumatera Selatan. Di Jambi terdapat dua titik api, di Bangka Belitung 4, Sumatera Barat 5, Lampung 7, Sumatera Utara 8, Riau 9 dan Aceh sebanyak 13 titik api , terbanyak di Pulau Sumatera.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sumatera Selatan Yulizar Dinoto mengatakan, pihaknya berupaya melakukan pencegahan sejak dini agar kebakaran hutan dan lahan tidak menjadi bencana, seperti tahun sebelumnya. Sejak beberapa bulan terakhir BPBD mengawasi secara intensif kawasan hutan dan lahan rawan terbakar, seperti di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir dan Musi Banyuasin. Patroli udara dan darat digiatkan, bahkan langsung water booming.(tedi)

Share :