Kemendagri Puji Gerbang Desa Saburai

0
68

kemendagri
ragamlampung.com – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Dirjen Bina Pemerintah Desa, Nata Irawan, memuji dan mengapresiasi upaya Gubernur dan Pemerintah Provinsi Lampung dalam upaya memajukan desa tertinggal di Provinsi Lampung melalui program Gerakan Membangun Desa Sai Bumi Rua Jurai (Gerbang Desa Saburai).

Hal tersebut disampaikan Nata Irawan saat pembukaan Musyawarah Nasional (Munas) Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (APDESI) di Balai Keratun, Komplek Pemerintah Provinsi Lampung, Kamis (11/8/2016).

“Upaya yang luar biasa dari Gubernur yang sangat pro Desa. APDESI di masing-masing wilayah bisa mengusulkan program serupa yang digagas dengan sangat baik oleh Pemprov Lampung seperti program Gerbang Desa Saburai yang dirintis Provinsi Lampung,” jelas Nata Irawan.

Nata Irawan melanjutkan sambutannya mengenai konsep dana desa. Menurutnya, Pemerintah Pusat memberikan kepercayaan kepada perangkat desa untuk membangun dan mengembangkan desanya masing-masing. Dana Desa merupakan implementasi Nawacita, yakni membangun Indonesia dari pinggir. Sehingga, Nata Irawan menginkan perangkat Desa benar-benar bisa memanfaatkan dana tersebut untuk pembangunan dan keterwujudan Nawacita. Ia juga mengingatkan penegak hukum menyosialisasikan peraturan dana desa tersebut.

“Yang terpenting peningkatan kapasitas perangkat desa. Sosialisasi oleh kepolisian dan kejaksaan. Jangan sampai aparat terlalu jauh menindak sebelum ada sosialisasi, sehingga dana desa tidak terserap karena banyaknya masalah. Dan perangkat desa juga tidak boleh sewenang-wenang menggunakan dana desa, harus sesuai program dan peraturan ” ujar Nata.(yex)

LEAVE A REPLY

Silahkan Isi Jawaban Yang Benar * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.