Lampung Tetap, Jumlah Titik Panas di Daerah Lain Meningkat

ilustrasi
Share :
ilustrasi kebakaran hutan dan lahan
ilustrasi kebakaran hutan dan lahan

ragamlampung.com — Sepekan terakhir ini titik panas (hotspot) di berbagai provinsi di Indonesia fluktuatif, namun untuk Provinsi Lampung dinyatakan masih dalam tingkat kepercayaan Sedang. Di Lampung masih seperti beberapa hari lalu, jumlah titik api yang terpantau berjumlah satu.

Pemantauan satelit Modis dari Lapan terdapat 339 hotspot pada Jumat (19/8) pagi yaitu 218 hotspot untuk hotspot dengan tingkat kepercayaan Sedang (30 – 79 persen), dan 121 hotspot untuk tingkat kepercayaan Tinggi (80 – 100 persen).

Titik api meningkat signifikan di Kalimantan Barat. Satelit Modis dari NASA mendeteksi 158 hotspot di daerah itu pada Jumat (19/8/) dari sehari sebelumnya sebanyak 106 hotspot. Di Sumatera Barat tercatat ada 2, Sumatera Selatan 9, Sumatera Utara 14, Jambi 4, Kepulauan Riau 1, dan Riau 10.

Gubernur Kalimantan Barat telah menetapkan siaga darurat kebakaran hutan dan lahan berlaku (1/6) hingga (1/9). Untuk mengatasi titik panas kebakaran hutan dan lahan yang meluas, Gubernur Kalimantan Barat telah mengajukan surat permintaan kepada BNPB agar dibantu helikopter water bombing, hujan buatan, dan helikopter patroli pada (16/8). (ar)

Share :