Pembangunan Akses Transportasi KEK Tanggamus Dipercepat

kek tanggamus (ist)
Share :
kek tanggamus (ist)
kek tanggamus (dok)

ragamlampung.com — Pemerintah akan mendorong percepatan akses transportasi di kawasan pertumbuhan ekonomi, yang kini tersebar di 14 Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). KEK berada antara lain di Tanggamus (Lampung),

Hal itu dikatakan Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto saat orasi ilmiah memperingati 96 tahun Perguruan Tinggi Teknik di Indonesia (PTTI), di kampus ITB, Bandung, Sabtu (20/08/16).

Pemerintah, kata Airlangga, juga terus membangun infrastruktur, berupa kereta api dan jalan tol, maupun pelabuhan laut, dan bandar udara di wilayah pertumbuhan ekonomi. Sehingga kawasan-kawasan industri di wilayah barat dan timur Indonesia berkembang.

“Infrastruktur industri adalah salah satu bagian dari strategi meningkatkan kinerja sektor industri. Strategi ini mencakup struktur dan infrastruktur industri, pembangunan kualitas sumber daya manusia, dan teknologi,” katanya.

Ia menambahkan, kewirausahaan di sektor industri diperlukan untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi dan memperkuat struktur industri.

“Pemerintah menargetkan mencetak 200 ribu wirausahawan dengan mendorong bertumbuhnya Industri Kecil Menengah,” ujarnya.

IKM adalah pilar penting yang perlu terus ditingkatkan karena hingga saat ini IKM telah berkontribusi sebesar 34,82 persen terhadap industri secara keseluruhan. IKM telah menyerap 8,7 juta tenaga kerja, meningkatkan ekonomi nasional, dan mengatasi kemiskinan.

Sebagai bentuk keberpihakan pemerintah kepada IKM, pemerintah akan terus mendorong penyebaran dan pertumbuhan IKM agar dapat tersebar merata ke seluruh wilayah tanah air, khususnya di luar Pulau Jawa, katanya. (ar)

Share :