Profesi Pariwisata Dituntut Punya Kompetensi

Share :

Peresmian LSPP Raflesia

Asisten Bidang Ekbang Pemprov Lampung Adeham saat peresmian LSPP Raflesia (ist)

ragamlampung.com — Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo berharap peresmian Lembaga Sertifikasi Profesi Pariwisata (LSPP) Raflesia, dapat meningkatkan kompetensi para pelaku pariwisata di daerah itu. Sehingga bersaing dalam era Masyarakat Ekonomi ASEAN.

Hal itu dikemukakan gubernur melalui sambutan tertulis yang dibacakan Asisten Bidang Ekbang Adeham, dalam peresmian LSPP Raflesia, akhir pekan ini (19/8/2016).

Provinsi Lampung sebagai salah satu destinasi wisata memiliki potensi yang sangat besar baik wisata alam maupun budaya. Untuk itu, pihaknya berharap melibatkan partisipasi banyak pihak dalam pengembangannya sehingga sektor pariwisata dapat memberikan keuntungan dan manfaat bagi daerah dan masyarakat Lampung.

“Sangat diharapkan pemahaman bagi seluruh komponen masyarakat terhadap arti pentingnya pembangunan pariwisata bagi pembangunan Provinsi Lampung sehingga mampu berperan serta aktif dalam semua kegiatan kepariwisataan,” jelasnya.

Gubernur mengatakan, pihaknya menyambut baik peresmian LSPP Raflesia yang merupakan lembaga ke-3 se-Sumatera ini sebagai wahana pengujian kompetensi diri bagi pekerja di sektor pariwisata.

“Kami juga berharap LSPP Raflesia bekerja profesional dan objektif dalam sertifikasi sehingga pekerja yang mengikuti sertifikasi benar-benar berkompetensi baik dan berdaya saing,” ujarnya.

Asdep Pengembangan SDM Pariwisata, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wisnu Bawa Tarunajaya mengatakan, berharap seluruh pihak baik pemerintah maupun stakeholder terkait saling bekerjasama dan berkoordinasi untuk memajukan sektor pariwasata di Lampung.

Menurutnya, hal ini dikarenakan kegiatan pariwisata memberikan sumbangan yang sangat bersar terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebuah daerah dan diharapkan dapat membawa multiplier effect bagi sektor lainnya. (ar)

Share :