Ancaman Keberadaan Gajah Liar TNWK Bertambah Lagi

gajah sumatera
Share :
gajah sumatera
ragamlampung.com – Kelangsungan hidup ekosistem gajah liar di Taman Nasional Way Kambas (TNWK), Kabupaten Lampung Timur, terancam lagi karena kehadiran kerbau ternak milik masyarakat setempat. Diperkirakan ada 1.500 lebih kerbau ternak yang dilepas pemiliknya dan kerap berada di tempat itu untuk mencari rumput.

Kerbau-kerbau tersebut bisa menjadi penyebab berkurangnya pakan gajah di hutan, dan menjadi penyebab penyebaran virus.

Kepala Balai TNWK Lampung Timur Subakir, Kamis (25/8/2016), mengatakan, untuk mengatasi masalah itu, pihaknya mengusulkan program fasilitas kandang kerbau. Kandang-kandang ini berdiri di sekitar perbatasan hutan dengan ladang warga. Cara ini menjadi salah satu upaya untuk menanggulangi konflik antara manusia dan gajah sekaligus dapat meningkatkan perekonomian warga tanpa harus menganggu hutan.

Cara lainnya, pemerintah akan menyurati warga untuk tidak menggembalakan kerbau di kawasan hutan. Jika surat tidak juga dipatuhi, ada kemungkinan petugas TNWK mengeksekusi dengan menembak kerbau yang masih berkeliaran.

Catatan Wildhlife Conservation Society (WCS) Indonesia Program selama 2011-2015, sebanyak 18 ekor gajah dari total 210 menjadi korban. Sebanyak 16 ekor mati akibat perburuan dan 2 ekor mati akibat konflik antara manusia dan gajah. (ar)

Share :