Panitia Asian Games Indonesia Hadapi Keterbatasan Anggaran

Share :

asian games
ragamlampung.com — Komite Kepanitiaan Asian Games Indonesia (INASGOC) melaporan keterbasan anggaran yang tersedia. Hal itu bakal berpengaruh pada kualitas dan frekuensi penyelesaian untuk mempersiapkan penyelenggaraan Asian Games 2018 yang akan berlangsung di Sumatera Selatan.

Menanggapi hal itu, Menko PMK, Puan Maharani meminta INASGOC lebih kreatif mempersiapkan Asian Games 2018.

Juru Bicara Kemenpora Gatot S Dewa Broto, mengatakan, hasil rapat koordinasi persiapan penyelenggaraan Asian Games 2018, pada sisi lain, Menko PMK meminta INASGOC kreatif dan tertantang mencari sumber-sumber pendanaan yang lain dari sponsor perusahaan-perusahaan swasta.

Gatot pun menerangkan INASGOC diminta belajar dari pengalaman yang diperhatikan dari penyelenggaraan Olimpiade musim panas di Rio De Janeiro. INASGOC disebut harus lebih kreatif dan berakselerasi dalam menyiapkan seluruh kegiatan untuk penyelenggaraan AG2018. Mulai perekrutan relawan dengan persyaratan pendidikan yang representatif, koordinasi lintas lembaga dan penyelesaian, hingga berbagai persoalan lain.

Dalam rakor di kantor Menko PMK itu pun, Menpora melaporkan mengenai perkembangan negosiasi ulang nilai hak siar (broadcasting fee) yang harus dikirim kepada Komite Olimpiade Asia (OCA).

Sebelumnya Menpora mengatakan pada 27 Juni 2016 sudah mengirimkan surat kepada Presiden OCA yang intinya meminta pengurangan jumlah uang yang harus dikirimkan ataupun renegosiasi Hak Siar

Surat itu sudah diterima OCA pada 30 Juni 2016. Selanjutnya, lanjut pria yang menjabat Deputi IV Bidang Pembinaan Prestasi Olahraga Kemenpora itu, OCA sedang mempelajari dan mempertimbangkan kemungkinan renegosiasi Hak Siar sebesar 30 juta dolar AS tersebut. (ar)

Share :