ITERA Gelar Konferensi Internasional Iptek

Share :

kampus itera

ragamlampung.com — Institut Teknologi Sumatera (ITERA) akan menggelar Konferensi Internasional bertajuk International Conference on Science, Infrastructure Technology, and Regional Development (ICoSITeR) 2016, pada 27 hingga 30 September 2016.

Ketua Panitia ICoSITeR 2016 Rahayu Sulistyorini menjelaskan, kegiatan ini digelar untuk menghimpun gagasan terbaru, kerangka kerja terbaru, dan praktik empiris untuk menjembatani pemanfaatan lebih luas dari Iptek terkait kemandirian energi dan infrastruktur ramah lingkungan ke dalam proses kebijakan untuk mendukung pengembangan masyarakat.

“Konferensi ini sangat bermanfaat bagi seluruh pelaku pembangunan yang tersebar dari unsur akademisi, praktisi, pengambil keputusan, para ahli, aktivis sosial, perumus kebijakan, organisasi non-pemerintah, mahasiswa, dan masyarakat umum,” kata dia, Jumat (2/9/2016).

Ia optimistis konferensi bisa menarik minat pelajar, mahasiswa, peneliti, dosen, bahkan masyarakat umum karena materi yang dibahas menarik. Terlebih lagi ITERA akan menghadirkan pembicara dari lima negara, yakni Prof. Yusaku Fuji dari Gunma University, Jepang, Prof. Jakrapong Kaewkhao, dari Nakhon Pathom Rajabhat University, Thailand, Prof. Hong Joo Kim dari Kyungpook National University, South Korea.

Kemudian Dr. Deden Rukmana dari Savannah State University, USA. Sedangkan dari Indonesia, pembicara yang akan hadir Dr. Rida Mulyana dari Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Prof. Dr. John Hendri, M.S. dari Universitas Lampung, dan Rektor ITERA Prof. Ir. Ofyar Z Tamin, M.Sc., Ph.D.

”Nanti juga ada workshop gemstone Indonesia. Pada workshop ini, dijelaskan macam-macam gemstone yang tersedia di Indonesia, berikut metode untuk memuliakan dan meningkatkan kualitas gemstone,” ujar Rahayu.

Juga digelar pameran bertema infrastruktur dan teknologi, pengamatan teropong bintang, serta gala dinner yang diisi pertunjukkan Sumatera Traditional Dance, Sumatera Art Exhibition, Silat Performance, dan Fabulous Sumatera Food.

Bagi yang berminat menjadi peserta, bisa mendaftar secara online di http://icositer.itera.ac.id/.

“Kami masih membuka pendaftaran bagi peserta untuk mengirimkan abstrak papernya paling lambat 5 September 2016,” kata dia. (ar)

Share :