Angkat Motif Tapis, Order dari Luar Negeri Melimpah

kain tapis lampung
Share :
kain tapis lampung
kain tapis lampung

ragamlampung.com – Desainer Itang Yunasz mendapat pujian sekaligus banyak order dari luar negeri karena membawakan koleksinya yang bertajuk ‘Java Sumatra Spirng-Summer 2017’ di “Collection Premiere Moscow” di Expocentre Moscow, Rusia.

Koleksi terbarunya terinspirasi dari seni dekoratif Jawa dan Sumatra. Ia mengangkat Sawunggaling yang menggambarkan seekor ayam jago sebagai lambang kemenangan.

Motif ini biasanya dikenakan oleh kaum bangsawan Jawa dan menjadi simbol kepemimpinan yang bijak. Sedangkan dari Sumatra, Itang mengangkat motif Tapis Lampung yang menawan.

“Saya senang karena koleksi ini diterima oleh masyarakat Moscow dan tamu yang datang dari beberapa negara,” kata Itang, Kamis (8/9/2016).

“Selain Bali, Pulau Jawa dan Sumatra itu juga cukup dikenal di luar negeri. Jadi, kalau kita pilih nama yang tidak mereka tahu, takutnya mereka sulit nerimanya, karena gak ngerti itu apa. Saya juga pakai kain tapis Sumatera di sini,” imbuhnya.

Beberapa busana mosest wear seperti boho dress, jaket, rok, palazzo, rok wiru tampil dengan elegan. Ada yang menarik pada salah satu koleksinya ini. Itang yang biasa membuat kaftan dengan model oversized dan tidak membentuk lekuk tubuh, justru menyajikan kaftan yang lurus dan sedikit berbentuk.

Alasannya, kata dia, karena pasarnya adalah pasar luar negeri, banyak dari mereka yang suka dengan gaun panjang pas dengan tubuh. Kaftan ini terlihat sangat elegan dan cantik, cukup berbeda dari rancangannya terdahulu.

Beberapa warna seperti krem, hitam, putih, merah anggur serta emas mendominasi koleksi yang menggunakan bahan-bahan seperti chiffon, taffeta, twill dan crepe. (ar)

Share :