Ini Olahraga Hemat tapi Bikin Badan Sehat

Share :

olahraga-jalan-kaki
ragamlampung.com — Salah satu tren di masyarakat modern sekarang adalah pola hidup sehat. Karena itu, topik pembicaraan tentang diet makanan sehat dan olahraga mudah ditemui di mana-mana. Namun, tidak semua orang tertarik menjalankannya karena hidup sehat dianggap mahal dan butuh banyak biaya.

Sebenarnya, untuk menjaga badan tetap sehat tidak harus identik dengan mengeluarkan banyak biaya seperti pergi ke gym, atau membeli makanan-makanan diet khusus yang harganya mahal di supermarket. Berolahraga tetap dapat dilakukan dengan hemat kok. Simak beberapa jenis olahraga hemat yang bisa kamu lakukan di bawah ini:

1. Lakukan stretching badan
Peregangan badan alias stretching berguna untuk mengendurkan otot-otot yang lelah. Fungsinya juga mirip dengan yoga, namun mudah dilakukan di mana saja dan kapan saja termasuk jika kamu sedang sibuk bekerja. Stretching yang dilakukan secara berkala di waktu yang tepat dapat membuat tubuh lebih bugar dan meningkatkan produktivitas.

2. Lakukan yoga
Yoga merupakan salah satu bentuk olahraga yang bagus untuk meregangkan tubuh. Manfaat yoga bahkan setara dengan olahraga yang berat, ditambah dengan bonus membuat tubuh menjadi lebih enak. Yoga cocok dilakukan pada akhir pekan sambil mengisi waktu kamu beristirahat untuk melepas penat karena lelah bekerja.

3. Jalan-jalan ringan
Berjalan merupakan salah satu bentuk olahraga yang mudah dilakukan oleh semua orang, namun membutuhkan tempat yang cukup atau jalur yang pas. Dalam kegiatan sehari-hari, kamu bisa luangkan waktu saat sedang istirahat di rumah dengan berjalan mengitari halaman atau mengelilingi rumah. Bagi kamu yang bekerja kantoran, bisa juga pergi berjalan kaki bersama teman-teman kantor untuk makan di tempat yang sedikit jauh.

4. Coba naik turun tangga di rumah atau di kantor
Daripada menggunakan lift, kegiatan naik turun tanggal juga dapat menjadi alternatif olahraga yang sehat dilakukan setiap hari. Misalnya, kalau rumah kamu punya tangga, luangkan waktu sejenak untuk naik-turun tangga di rumah. Jika kamu bekerja di kantor, cobalah luangkan waktu untuk sekali-kali menggunakan tangga daripada lift.

5. Rajin membersihkan rumah
Membersihkan rumah juga dapat membantu kamu membayar kalori dalam jumlah cukup banyak. Biasakan seminggu sekali membersihkan tempat tinggal kamu secara menyeluruh, mulai dari membersihkan debu di tempat terpencil, mengepel, atau bisa juga memindahkan letak perabotan untuk mengganti suasana tempat tinggal. (ar)

Share :