Teater Satu Lampung Pukau Penonton Jepang

Share :

teater-satu-lampung
ragamlampung.com — Teater Satu Lampung tampil membawakan lakon “Kursi-Kursi” karya Eugene Ionesco dalam ajang Asian Theatre Directors’ Festival, di The Rock Theatre, Toga, Jepang (31/8/2016).

Lakon yang disutradarai Iswadi Pratama berdasarkan terjemahan Yudiaryani itu berhasil memukau khalayak yang bergabung dalam Scot Summer Season ke 41 di Jepang tahun ini.

Asian Theatre Directors’ Festival merupakan sebuah acara yang mengundang beberapa sutradara muda di Asia untuk menampilkan naskah yang sama. Musim panas ini, sutradara terpilih dari Taiwan, Jepang, Cina, Korea serta Indonesia diharuskan menggarap Kursi Kursi karya Eugene Ionesco.

Naskah bergenre absurd ini dimainkan oleh sembilan aktor: Imas Sobariah, Ahmad Jusmar, Baysa Deni, Vita Oktaviana, Budi Laksana, Yeli Shinta Laras Utami, Gandi Maulana, Desi Susanti. Mereka masing-masing memerankan pasangan lelaki dan perempuan tua yang terbagi dalam empat fragmen, serta Rarai Masae memerankan Juru Cerita.

Pada penutupan Asian Theatre Directors’ Festival pada awal September silam, semua sutradara yang berpartisipasi menerima sertifikat dan hadiah sebesar 500.000 yen. Direktur Artistik Teater Satu, Iswadi Pratama menerima penghargaan tersebut.

Teater Satu Lampung merupakan komunitas teater dari Bandar Lampung yang didirikan oleh seniman Iswadi Pratama dan isterinya Imas Sobariah tahun 1996 sebagai gerakan yang peduli terhadap peran organisasi seni dalam mendukung perubahan sosial. Komunitas ini telah tampil di berbagai festival lokal dan internasional.

Selain mengadakan pertunjukan teater, Teater Satu Lampung juga menyelenggarakan pelatihan dan workshop untuk organisasi seni di Indonesia dalam berbagai macam bidang seperti akting, penyutradaraan, manajemen, serta jurnalisme.

Mayoritas dari anggota Teater Satu Lampung tidak memiliki pengalaman dalam akting ketika bergabung dalam komunitas tersebut, dan saat ini memiliki profesi di bidang seni dan nonseni sebagai penata cahaya, aktor, manajer panggung, serta guru. (ar)

Share :