Mahasiswa Peraih Nilai Cumlaude Diprioritaskan Jadi CPNS

ilustrasi
Share :
ilustrasi
ilustrasi

ragamlampung.com – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur menyoroti minimnya keahlian PNS. Akibatnya, inovasi untuk menjalankan roda pemerintah nyaris tidak ada.

Atas dasar itulah, Kemenpan-RB akan memprioritaskan mahasiswa peraih nilai cumlaude untuk diangkat menjadi CPNS.

Menurut Asman Abnur, ke depan terobosan itu akan diterapkan agar PNS atau ASN yang ada di Indonesia itu benar-benar enerjik dan bisa diandalkan.

“Mereka (mahasiswa) yang cumlaude itu nantinya akan jadi prioritas kita,” ujar Asman Abnur, Kamis (15/9/2016).

Menurut Asman, jika terobosan itu dilakukan, maka para ASN atau PNS yang ada di Indonesia akan mampu bersaing di kancah internasional.

Sebab Indonesia saat ini bukan bersaing dengan negara kecil dari segi kemampuan sumber daya manusianya, melainkan juga bersaing dengan negara besar.

“Jadi ASN Indonesia harus bertaraf internasional,” katanya.

Untuk itu, Kemenpan-RB juga berusaha agar proses perekrutan ASN harus lebih bagus sehingga ASN yang ada nantinya memiliki inovasi, ide, gagasan dan mampu menciptakan pekerjaan buat dirinya serta anak buahnya.

“Ketika mereka sudah berada di kantor, mereka sudah mengetahui apa yang mereka kerjakan,” ujarnya.

Berdasarkan data Kemenpan RB, hingga Desember 2015, tercatat sebanyak 4.498.643 jumlah PNS di Indonesia. Dari data tersebut, sebanyak 20,94 persen para PNS tersebar di pegawai instansi pemerintah pusat, dan 79,06 persen merupakan PNS yang bekerja di pemerintah daerah. Sebanyak 476.574 PNS menduduki jabatan struktural, 2.300.350 PNS menduduki jabatan fungsional. (ar)

Share :