BMKG: Hujan Lebat Bukan Pengaruh La Nina Menguat

ilustrasi
Share :
ilustrasi
ilustrasi

ragamlampung.com – Badan Meteorologi, Kliamtologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan pengaruh La Nina belum terlihat hingga saat ini. Fenomena hujan lebat yang terjadi beberapa hari terakhir bukan disebabkan menguatnya La Nina.

“Status La Nina saat ini masih dalam kondisi netral hingga lemah. Dengan begitu, belum ada pengaruh terhadap kondisi umum cuaca di Indonesia,” kata Kepala Sub Bidang Informasi BMKG Harry Tirto Djatmiko, Kamis (22/9/2016).

Pihaknya belum dapat memastikan kapan penguatan La Nina akan terjadi. Status La Nina diperkiraan masih tetap lemah sepanjang September.

BMKG juga memprediksi tiga hari mendatang wilayah Indonesia diprediksi mengalami hujan lebat dan angin kencang. Kondisi cuaca tersebut diprediksi terjadi di Jawa, Sumatera, Bali, Kalimantan dan Sulawesi. Adanya potensi hujan lebat diperkirakan memberi dampak kepada gelombang tinggi di laut.

Karena itu, bagi pengguna dan operator jasa transportasi laut, nelayan dan masyarakat yang berlibur ke wilayah pesisir diimbau mewaspadai potensi gelombang laut tinggi dengan ketinggian antara 2,5 – 4,0 meter di Perairan barat Lampung, Laut Andaman, Perairan utara dan barat Aceh.

Hal sama berlaku di Perairan barat Kepulauan Simeulue hingga Kepulauan Mentawai, Perairan Bengkulu – Kepulauan Enggano, Selat Sunda bagian selatan, Perairan selatan Jawa hingga NTB, Selat Bali bagian selatan, Selat Lombok bagian selatan, Samudra Hindia barat Sumatera hingga selatan NTB. (ar)

Share :