Bendungan Sukoharjo Dibangun 2017, Ini Fungsinya

Share :

bendungan-way-sekampung
ragamlampung.com — Pemerintah bakal melanjutkan program pembangunan infrastruktur bendungan di tahun 2017. Sebanyak delapan bendungan baru dibangun dengan proyeksi kebutuhan biaya mencapai Rp 9,88 triliun yang dianggarkan secara tahun jamak alias multiyears.

Direktur Jenderal Sumber Daya Air, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Imam Santoso, mengatakan, Jumat (23/9/2016), akan banyak manfaat yang dirasakan masyarakat sekitar dengan berdirinya bendungan.

Total kapasitas tampung bendungan yang akan dibangun 2017 tersebut mencapai 368,44 juta meter kubik yang fungsi utamanya menyediakan air baku sebanyak 9,08 meter kubik per detik untuk irigasi persawahan dan air minum. Air dari bendungan juga akan dimanfaatkan untuk penggerak turbin Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) berkapasitas 20,56 megawatt.

Bendungan Sukoharjo di Kabupaten Pringsewu, memiliki daya tampung 46 juta meter kubik yang bisa dimanfaatkan untuk mengaliri saluran irigasi areal persawahan seluas 4.000 ha, mereduksi banjir 450 meter kubik/detik, dan penyediaan air baku 2,95 meter kubik/detik. (ar)

Share :