UGM Jalin Kerja Sama Peningkatan Kualitas PTS Kopertis II

universitas gadjah mada
Share :
universitas gadjah mada
universitas gadjah mada

ragamlampung.com -– Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta menandatangani nota kesepahaman Memorandum of Understanding (MoU) dengan Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah II. Nota ini merupakan kerja sama bidang pendidikan, penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat sesuai prinsip Tridharma Perguruan Tinggi.

Koordinator Kopertis Wilayah II Prof Dr Slamet Widodo MS MM, mengatakan, Selasa (27/9/2016), kerja sama ini bertujuan meningkatkan kualitas 218 perguruan tinggi swasta (PTS) di Provinsi Lampung, Bangka Belitung, Sumatera Selatan, dan Bengkulu, yang tergabung dalam Kopertis Wilayah II, agar dapat bersaing di era globalisasi dan MEA.

”Saya sempat blusukan ke beberapa PTS, ternyata masih banyak yang harus dibenahi dan diperbaiki, salah satunya dengan peningkatan kualitas SDM,” ujarnya.

Kualitas sumberdaya manusia menjadi salah satu modal penting bagi PTS untuk dapat mengembangkan kualitas pendidikannya, agar masyarakat tidak lagi memandang PTS dengan sebelah mata.

”Stigma masyarakat banyak yang melihat PTS hanya sebagai alternatif, jika tidak diterima di PTN baru masuk PTS. Ini yang mau kita ubah, PTS bukan hanya jadi alternatif tapi jadi pilihan utama dan jadi unggulan,” jelasnya.

Dia menyayangkan maraknya pandangan seperti ini yang masih muncul di kalangan masyarakat. Padahal, beberapa PTS telah mengembangkan berbagai sarana dan prasarana yang mumpuni serta kualitas belajar mengajar yang juga baik.

Namun, dia mengakui pentingnya peningkatan kompetensi tenaga pendidik agar PTS mampu menghasilkan lulusan yang juga berkualitas.

“Saya berharap dosen-dosen dan mahasiswa kami bisa melanjutkan studi di UGM. Saya minta ke UGM karena universitas ini bukan hanya kelas nasional tapi kelas dunia. Saya harap mereka datang ke sini dengan niat sungguh-sungguh untuk menuntut ilmu,” ujarnya. (ar)

Share :