Pembangunan Rel KA Aceh-Lampung Jadi Prioritas

ilustrasi
Share :
ilustrasi
ilustrasi

ragamlampung.com — PT Kereta Api Indonesia (KAI) memprioritaskan pengembangan kereta api di Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi untuk meningkatkan konektivitas transportasi di pulau-pulau besar tersebut.

Di Sumatera, pengembangan kereta api dilakukan untuk menghubungkan ujung utara pulau tersebut yaitu dari Aceh hingga Lampung di ujung selatan dengan panjang rel mencapai lebih dari 1.300 kilometer.

“Sebisa mungkin, kami memprioritaskan pengembangan kereta di luar Pulau Jawa. Sudah dimulai dan terus dilanjutkan,” kata Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Prasetyo Boeditjahjono di Yogyakarta, Selasa (18/10/2016).

Meskipun memiliki prioritas untuk mengembangkan jalur kereta di luar Pulau Jawa, namun PT KAI juga tetap memperhatikan peningkatan layanan kereta di Pulau Jawa, salah satunya dengan pembangunan double track di jalur lintas utara dan selatan.

Sesuai Rencana Induk Kereta Api, ditargetkan adanya peningkatan jaringan rel hingga lebih dari dua kali lipat yaitu dari 5.000 kilometer menjadi 12.100 kilometer pada 2030. Sedangkan untuk semakin memudahkan konektivitas antarmoda, PT KAI juga akan memperbanyak jalur kereta api menuju bandara dan pelabuhan-pelabuhan besar.

Salah satu jalur kereta api menuju bandara yang akan diwujudkan adalah jalur menuju bandara baru DIY yang berada di Kabupaten Kulon Progo.

Untuk kebutuhan pembebasan tanah, Prasetyo mengatakan, pihaknya bisa menggunakan Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2012 yang mengatur pembebasan tanah untuk kepentingan umum. (ar)0

Share :