Peringatan HSN Diisi dengan Salawat Nariyah

peringatan hari santri nasional di kabupaten pringsewu. (humas pringsewu)
Share :
peringatan hari santri nasional di kabupaten pringsewu. (humas pringsewu)
peringatan hari santri nasional di kabupaten pringsewu. (humas pringsewu)

ragamlampung.com – Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) di Provinsi Lampung digelar di berbagai kabupaten/kota.

Peringatan diisi dengan salawat nariyah, yang mempunyai sejumlah fadilah seperti menghilangkan segala macam kesusahan, memudahkan pekerjaan, menerangkan hati, memperbaiki budi pekerti, menghindarkan malapetaka dan perbuatan buruk.

Di Kabupaten Lampung Tengah, peringatan dimeriahkan dengan pembacaan 1 miliar salawat nariyah bersama para santri, di Pesantren Darusaadah, Seputih Jaya, Gunung Sugih, Kabupaten Lampung Tengah, Jumat (21/10/2016) malam.

Acara itu dihadiri antara lain, Danrem 043/Garuda Hitam Kolonel Kav Supriyatna, Katib Suriyah PBNU KH Mujib Quryubi, Ketua PWNU Lampung KH Soleh Bajuri, dan ratusan warga sekitar.

“Alhamdulillah, acara di Kampung Gunung Tiga, Kecamatan Pugung, Tanggamus juga sangat meriah. Warga juga turut hadir, lalu dari kepolisian sektor Pugung pun turut serta dalam pembacaan salawat nariyah. Total sekitar 750 orang,” ujar aktivis Gusdurian Lampung dan Yayasan Pendidikan Islam Pondok Pesantren (YPIPP) Nurul Falah Tanggamus, WD Fatchurrochman Syam.

Di Bandarlampung, salah satu tempat pembacaan salawat nariyah adalah di Sekretariat Hipsi Lampung, Jalan ZA Pagaralam.

Di Kabupaten Pringsewu, pelaksanaan berlangsung di Pesantren Miftahul Huda, Ambarawa. Usai membaca, para santri diajak bakar-bakar ikan sembari menyaksikan pemutaran film Sang Kiai.

Sedangkan di Way Kanan, salah satu tempat membaca salawat berlangsung di Pesantren Roudhotul Mutaqin asuhan KH Rofiul Bashori, Kecamatan Bumi Agung. (ar)

Share :