Seribuan Kombes Antre Jadi Brigjen

Share :

logo-polri
ragamlampung.com – Saat ini ada sekitar 1.000 polisi berpangkat komisaris besar (kombes) yang antre untuk menduduki jabatan perwira tinggi (Pati) bintang satu atau brigadir jenderal (brigjen). Namun, jumlah jabatan untuk Pati tidak banyak di Korps Bhayangkara itu.

Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Boy Rafli Amar mengatakan, anggota polri berpangkat Kombes itu menduduki berbagai macam jabatan. Sedangkan, jabatan yang tersedia untuk Pati bintang satu hanya 200. Hal itu tidak mungkin bisa menampung keinginan seluruh Kombes.

“Ini tidak dapat menampung keinginan dari seluruh yang berpangkat Kombes untuk naik menjadi bintang 1 (brigjen). Untuk jajaran pati itu per tahun pensiunnya paling banyak 5-10 posisi setiap tahun,” kata Boy, Selasa (25/10/2016).

Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengaku kesulitan menaikkan pangkat anggotanya ke tingkat Pati. “Kita mengalami bottle neck untuk ke tingkat Pati. Karena jumlah kombes yang sangat banyak, sementara posisi yang ada tersedia tidak mungkin akan menampung semuanya,” kata Tito, usai memimpin upacara kenaikan pangkat ‘korps raport’ di Rupatama, Mabes Polri, Selasa (25/10/2016).

Ia meminta para Pamen jabatan Kombes untuk menunjukkan kinerja. Jika berprestasi akan memdapatkan promosi kenaikan pangkat Pati. Selain itu, sambungnya, saat ini sedang dilakukan perluasan baik di dalam dan luar Polri, seperti peningkatan Polda dari tipe B ke A dan permintaan Kepala BNN, Komjen Budi Waseso agar banyak diisi bintang satu. (ar)

Share :