Lima Makanan yang Membuat Umur Panjang

Share :

buncis-makanan-umur-panjang
ragamlampung.com — Siapa yang tak ingin memiliki umur panjang? Anda bisa melakukan hal-hal yang belum pernah Anda lakukan, pun mencapai cita-cita.

Menurut Dan Buettner, penulis National Geographic, terdapat lima wilayah yang memiliki penduduk berumur panjang di dunia.

Wilayah tersebut tergabung dalam sebuah zona yang disebut Blue Zone: Sardinia di Italia, Ikaria di Yunani, Okinawa di Jepang, Nicoya Peninsula di Costa Rica, dan Loma Linda di California.

Penduduk di lima wilayah itu dikabarkan dapat hidup hingga umur 90 tahun dan jarang mengalami demensia, kanker, atau penyakit jantung.

Rupanya, resep umur panjang penduduk Blue Zone datang dari makanan yang dikonsumsi. Sebagaimana dikutip dari The Daily Meal, terdapat sejumlah makanan yang bisa mengawetkan umur seseorang, antara lain:

1. Alpukat

Buah dengan tekstur lembut ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Pasalnya, dalam 3,5 ons alpukat terdapat lebih dari sepuluh persen vitamin yang direkomendasikan untuk tubuh, seperti vitamin K, C, B5, B6, dan E.
Alpukat mengandung asam oleat yang tinggi dan lemak tak jenuh yang dapat mengurangi peradangan.

2. Nasi Merah

Karbohidrat kompleks dan biji-bjian adalah salah satu makanan yang banyak dikonsumsi oleh Blue Zone. Manfaat kesehatan dari beras merah sendiri berasal dari selenium yang dapat mengurang risiko terkena kanker dan serangan jantung.

3. Kacang Garbanzo/buncis

Dikenal pula sebagai buncis, kacang Garbanzo banyak ditemukan pada sajian Mediterania dan Timur Tengah. Dalam 3,5 ons kacang Garbanzo terdapat 68 asupan serat harian yang dibutuhkan tubuh dan 38 persen protein.
Jumlah serat tersebut dapat membantu menurunkan kolesterol dan mengurangi tekanan darah.

4. Susu Kambing

Susu kambing merupakan minuman yang sudah biasa dikonsumsi oleh masyarakat dunia. Jumlah laktosa yang lebih rendah membuat orang yang sensitif dengan susu aman untuk mengonsumsinya.

Jika dibandingkan dengan secangkir susu sapi, susu kambing lebih sedikit mengandung gula, dan lebih banyak mengandung kalsium, vitamin C, dan kalium.

5. Kentang

Kentang merupakan sumber utama dari nutrisi, terutama jika kentang tersebut tidak dikupas dan tidak digoreng. Pada kentang yang berukuran sedang, terdapat 25 persen potasium dan juga 70 persen vitamin C. (ar)

Share :