Tips Menghindari Copet dan Penipuan ATM saat Traveling

ilustrasi
Share :
ilustrasi
ilustrasi

ragamlampung.com — Saat Anda pergi ke tempat baru, keamanan adalah hal yang harus diperhatikan agar barang bawaan aman.

Bentuk kejahatan bisa berbagai macam, sehingga Anda yang senang traveling perlu mewaspadai ha-hal ini. Berikut tipsnya, seperti dilansir dari Huffingtonpost, Sabtu (12/11/2016).

-Hindari tabrakan dan pencopetan

Banyak penjahat di kota besar dan ramai penduduk melakukan aksi mereka dengan modus seperti itu. Ketika Anda kebetulan akan mendatangi tempat atau acara yang ramai dikunjungi orang, coba untuk memberikan perhatian khusus pada kantong atau ransel Anda.

Untuk menghindarinya, jauhkan semua barang-barang berharga yang mudah jatuh atau diambil di saku Anda yang tidak aman. Jika Anda merasakan ada gangguan dan Anda terancam, jangan takut untuk berbalik dan memeriksa sekitar Anda.

Penipuan ATM

Di Barat, dapat diakui penipuan ATM terjadi lebih sering di Amerika Serikat daripada di Eropa atau negara lain. Penjahat yang melakukan penipuan seperti itu kerap pintar menghindari kamera pengawas di lokasi yang sudah dihapalnya.

Seperti biasa, selalu menyadari tempat sekeliling Anda. Ingatlah untuk menggunakan ATM di bank yang terlihat kredibel dan selalu menutupi tangan Anda saat memasukkan nomor pin Anda. Hal ini sederhana, namun dapat membuat perbedaan besar jika seseorang mengintai Anda.

Penipuan sopir

Sebagian besar traveler mungkin familiar dengan cerita atau pengalaman ini, sopir taksi atau transportasi umum lainnya memilih rute yang lebih panjang dengan mengaku menghindari kemacetan untuk menaikkan tarif. Sayangnya, kebanyakan dari kita sulit untuk kritis dengan mereka di tempat yang baru Anda datangi.

Untuk menghindari hal tersebut, negosiasikan tairf yang Anda sudah cari tahu sebelumnya dengan supir tersebut sebelum naik. Luangkan waktu Anda memilih taksi atau sopir, dan pastikan mereka menggunakan meteran yang tepat dan pantau perjalanan dengan GPS. (ar)

Share :