Lampung Dilanda Hujan Deras hingga 1 Desember

ilustasi
Share :

ragamlampung.com — Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan wilayah Lampung dilanda hujan deras mulai 26 November hingga 1 Desember 2016.

Karena itu, warga dimbau waspada dan berhati-hati terhadap terhadap dampak yang ditimbulkannya, seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, pohon tumbang, dan jalan licin.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Yunus S Swarinoto mengatakan, Senin (28/11/2016), potensi hujan deras disertai angin dan kilat itu karena ada siklon tropis “Tokage” di Laut Cina Selatan sebelah barat Filipina.

Siklon tropis Tokage berdampak meningkatkan ketinggian gelombang laut antara 1,25 sampai 2,5 meter di wilayah Laut Cina Selatan sebelah Utara Natuna, kata dia,

Ia mengatakan, wilayah lainnya yang diprediksi dilanda hujan deras Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Bengkulu, Sumatera Selatan, dan Bangka Belitung. Kemudian Banten, Jawa Barat bagian barat dan selatan, Jawa Tengah bagian timur dan selatan, Yogyakarta dan Jawa Timur.

Kemudian di Bali, Nusa Tenggara Barat bagian barat, Kalimantan Barat bagian barat dan utara, Kalimantan Tengah bagian utara, Kalimantan Timur bagian utara, Kalimantan Utara, Maluku bagian utara dan tengah, serta Papua bagian utara dan tengah.

Yunus mengatakan, wilayah yang diprediksi dilanda hujan deras dengan durasi cukup lama disertai angin kencang dan kilat adalah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek). (ar)

Share :