Kapolda: Ancaman Dipercaya Terus Berlangsung

kapolda lampung irjen sudjarno mengecek persiapan pengamanan natal dan tahun baru, kamis (22/12/2016).
Share :

ragamlampung.com — Menghadapi Natal dan Tahun Baru 2017, Polda Lampung mengadakan gelar pasukan di Lapangan Korpri, Bandarlampung, Kamis (22/12/2016). Apel ini pengecekan terakhir kesiapan aparat keamanan menjaga keamanan Natal dan menjelang Tahun Baru.

Kapolda Lampung Irjen Sudjarno, pengecekan juga terhadap prasarana, anggaran, keterlibatan unsur terkait seperti TNI, pemerintah daerah, serta mitra kamtibmas lainnya/

Ia mengatakan, meski beberapa aksi teror dapat digagalkan aparat keamanan beserta elemen terkait lainnya, namun ancaman ini dipercaya terus berlangsung.

“Dinamika kehidupan nasional yang terjadi beberapa bulan terakhir juga menunjukan adanya potensi gangguan dalam bentuk kejadian intoleransi, menjadi lebih komplek karena kejadian tersebut berlangsung di tengah peningkatan suhu politik yang terjadi sebagai akibat pilkada serentak 2017,” katanya.

Kapolda memerkirakan dalam dua hari besar itu akan terjadi mobilisasi masyarakat dari satu tempat ke tempat lain. Dan munculnya titik konsentrasi massa di tempat tertentu, seperti tempat wisata, pusat perbelanjaan, pelabuhan, bandara, dan terminal.

“Karena itu, Polri menggelar operasi lilin selama 10 hari sejak 23 Desember 2016 sampai 1 Januari 2017.
Operasi ini mengedepankan tindakan preversif dan preventif, didukung kegiatan intelijen dan penindakan tegas tapi professional,” ujar Kapolda.

Ia mengatakan, Polda menyiapkan sebanyak 4.809 personel yang akan menjaga dan mengamankan Operasi Lilin 2016. Pengamanan bersifat terbuka dan tertutup, termasuk kekuatan yang sifatnya on call. (ar)

Share :