Baznas Lampung Sediakan Beasiswa untuk Mahasiswa Miskin

Share :

ragamlampung.com – Beasiswa mahasiswa berprestasi dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Lampung, mendapat sambutan positif.

Di hari pertama pembukaan secara resmi, Selasa (17/1/2017), tercatat sudah ada puluhan pendaftar. Pendaftaran dibuka hingga Kamis (19/1/2017).

Ketua Baznas Lampung Mahfud Santoso mengatakan, Rabu (18/1/2017), seluruh berkas akan dikumpulkan untuk diverifikasi oleh tim Baznas Lampung yang terdiri lima orang. Tim akan turun langsung ke rumah para pendaftar dari berbagai kabupaten/kota.

“Pengumuman setelah proses verifikasi selesai dilakukan,” katanya.

Ia mengatakan, kuota yang disediakan tergantung yang lulus dalam proses verifikasi. Namun, Baznas menargetkan sebanyak-sebanyak, karena berharap tidak ada mahasiswa yang berhenti kuliah karena tidak ada biaya.

Baznas Lampung telah menyalurkan beasiswa berupa biaya hidup sebesar Rp1 juta per orang, untuk 26 mahasiswa yang tersebar di beberapa perguruan tinggi negeri dan swasta di Lampung.

Saat ini yang mendapat beasiswa itu masih didominasi dari Bandarlampung. “Kita berharap yang menerima nanti merata sampai ke wilayah-wilayah lainnya di Lampung,” ujarnya.

Ia menjelaskan, syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan beasiswa tersebut, di antaranya surat keterangan tidak mampu yang ditandatangani ketua RT dan kepala desa, dan fotokopi kartu keluarga.

Kemudian, penghasilan orangtua kurang dari Rp1,5 juta per bulan, fotokopi rekening listrik, foto rumah atau tempat tinggal, dan surat keterangan kuliah dari perguruan tinggi yang terakreditasi A atau B.

Syarat lainnya, IPK mahasiswa minimal 3.00. Khusus 20 mahasiswa yang hafiz dan hafizoh Al-Quran minimal 20 juz akan mendapatkan beasiswa dari Bank Muamalat.

Mahasiswa yang mengajukan beasiswa ke Baznas juga tidak atau belum pernah menerima beasiswa dari pihak lainnya.

Persyaratan itu, kata dia, bisa diantarkan langsung ke kantor Baznas Lampung di Jalan Cut Meutia No. 23, Telukbetung, Bandarlampung. Atau dikirimkan melalui email ke Baznasprov.lampung@baznas.go.id. (ar)

Share :