Austria Larang Perempuan Gunakan Niqab dan Burka

burka
Share :

ragamlampung.com — Sejumlah negara di Eropa telah melarang pemakaian penutup wajah penuh di di tempat-tempat umum, beberapa lainnya sedang mempertimbangkannya.

Larangan pemakaian niqab dan burka sudah diterapkan di sejumlah negara Eropa. Prancis, dan Belgia memberlakukan larangan burka tahun 2011. Dan langkah serupa sekarang sedang digodok parlemen Belanda.

Kini koalisi pemerintah Austria menyatakan sepakat melarang penutup wajah penuh di tempat-tempat umum, termasuk sekolah, pengadilan, dan tempat-tempat umum lain.

Seperti dikutip dari bbc, Rabu (1/2/2017), kesepakatan ini dicapai sebagai bagian dari paket reformasi yang dirundingkan dan disusun selama lebih dari satu minggu oleh koalisi Sosial Demokrat dan Partai Rakyat yang beraliran konservatif.

Dalam paket reformasi itu tidak banyak dirinci tentang rencana untuk melarang niqab (penutup wajah yang hanya menyisakan mata) dan burka (penutup seluruh tubuh dan wajah yang biasanya dikenakan oleh perempuan Afghanistan).

“Kami memegang komitmen terhadap masyarakat yang terbuka, yang juga memerlukan komunikasi terbuka. Penutup wajah penuh di tempat-tempat umum menghalangi komunikasi. Karena itu, akan dilarang,” demikian pernyataan tertulis pemerintah yang tertuang dalam paket reformasi.

Diperkirakan ada 150 perempuan di Austria yang mengenakan niqab, tapi para pejabat yang menangani pariwisata menyatakan kekhawatiran bahwa langkah ini dapat mengurungkan niat pengunjung dari negara-negara Teluk.

Seorang juru bicara pemerintah, sebagaimana dikutip oleh surat kabar setempat, mengatakan larangan itu juga akan berlaku di resor-resor ski sama dengan pemberlakuan di pusat kota Wina.

Pemerintah juga mempertimbangkan larangan yang lebih umum berupa larangan mengenakan simbol-simbol agama bagi pegawai negeri sipil.

Langkah pemerintah koalisi Austria dianggap sebagai upaya mengimbangi kepopuleran partai kanan-jauh, Partai Kebebasan, yang calon presidennya hanya kalah tipis dalam pemilihan presiden bulan lalu. (ar)

Share :