Sebagian Wilayah Australia Dihantam Gelombang Panas

Share :

ragamlampung.com — Sebagian wilayah selatan dan timur Australia, diperkirakan mengalami suhu udara di atas 40 derajat celcius, dengan kondisi gelombang panas yang kian meningkat, Kamis (9/2/2017).

Biro Meteorologi setempat mengatakan, gelombang panas bergerak melalui bagian selatan Australia Selatan dan sebagian besar Victoria, lalu menyebar lebih ke timur ke pesisir New South Wales dan Queensland.

Suhu diperkirakan akan mencapai 44 derajat Celcius di Victoria utara, yang diperkirakan mengalami beberapa hari panas yang ekstrim.

Daerah seperti Mildura dan Swan Hill akan mencapai 44 derajat hari ini, membuat diberlakukannya larangan menyalakan api dan peringatan dampak panas bagi daerah Mallee dan Wimmera.

Australia Selatan kini memasuki hari kedua yang panas dan lembab dengan suhu di Adelaide diperkirakan mencapai 42 derajat hari ini, sedangkan Tarcoola di bagian utara diperkirakan akan mencapai 47 derajat.

Merkuri di Adelaide mencapai 42,4 derajat kemarin. Peramal cuaca Tom Boeck mengatakan daerah pedalaman akan tetap panas dan terasa lengket saat ini.

Dia mengatakan Australia Selatan tidak akan terlepas dari panas sampai akhir Sabtu malam atau Minggu dini hari. Ada juga larangan total menyalakan api di wilayah dan peringatan untuk Central East Gippsland.

Untuk Kota Melbourne sendiri akan sedikit lebih rendah dengan perkiraan maksimal 37 derajat sebagai hari terpanas sejauh ini.

Perubahan suhu menjadi dingin untuk Melbourne akan terjadi sore hari, tapi Dr Chris Godfred dari Biro Meteorologi mengatakan udara panas akan bertahan di bagian utara negara bagian ini hingga akhir pekan.

“Albury akan di atas 43 derajat hari Jumat dan kemudian 40 derajat, 41 derajat sepanjang sungai Murray River pada hari Sabtu,” katanya, seperti dikutip dari Australiaplus. (ar)

Share :