Kondisi Bocah Penderita Leukemia Ini Harus Rutin Dipantau

ilustrasi
Share :

ragamlampung.com – Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) harus terus memantau kesehatan Ahmad Rizal Ramadhani, bocah berusia 5 tahun 6 bulan yang didiagnosa menderita kanker darah atau leukemia.

Kondisi terakhir bocah yang beralamat di Tiyuh Candra Kencana RT 24, Dusun 5 Kecamatan Tulangbawang Tengah, mulai membaik. Dia sudah bisa berjalan dan bermain meskipun tahun lalu ia terbaring lemah tidak bisa duduk dan bangun.

“Setelah sekitar setahun dirawat intensif di RSPAD Gatot Subroto Jakarta, sekarang kondisinya membaik, hanya saja harus tetap dalam pantauan,” kata Sekretaris Diskes Tubaba Majril, Ahad (5/3/2017).

Dalam pengobatannya, Diskes Tubaba membantu BPJS Kesehatan Gratis, mengingat Ahmad Rizal Ramadhani harus tetap menjalankan kemoterapi dan konsumsi obat dari RSPAD Gatot Subroto.

“Diskes bisa bantu karena ini keluarga tergolong dari keluarga yang tidak mampu. Kemudian mereka juga awalnya menggunakan BPJS mandiri. Dalam waktu dekat BPJS mandirinya kita ubah menjadi BPJS yang ditanggung pemerintah daerah dalam hal ini Diskes,” katanya.

Kondisinya akan dilihat selama dua tahun nanti dan dievaluasi lagi, karena menurut orangtuanya dari bulan pertama ia mesti kemoterapi selama sebulan dua kali. Kemudian sebulan sekali, kemudian tiga bulan sekali, kemudian dua tahun nanti dia tetap melakukan kontrol.

Diskes juga mempersiapkan dokter dan Puskesmas Poned Mulyo Asri untuk merawat bocah itu ketika sewaktu-waktu butuh perawatan.

“Kami sementara ini bantu pemberi makanan tambahan untuk anak balita. Kita sudah menyiapkan Puskesmas Poned Mulya Asri, artinya ketika sewaktu-waktu anak ini kondisinya drop memerlukan observasi penanganan kita sudah siapkan gratis,” katanya. (ar)

Share :