Lampung Berpotensi Dilanda Hujan Lebat

ilustasi
Share :

ragamlampung.com — Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan Lampung dan sejumlah daerah lainnya di Indonesia, dalam beberapa hari ini berpotensi hujan lebat disertai kilat/petir atau hujan ringan/sedang berdurasi lama.

Selain Lampung, daerah itu antara lain, Aceh, Sumatera Utara, Riau, Bengkulu, Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta dan Jawa Timur.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Yunus Swarinoto, mengatakan, Senin (6/3/2017), potensi itu diakibatkan kecepatan angin di dekat pusat Siklon Tropis Blance saat ini mencapai 75 km/jam dan tekanan udara minimum di pusatnya tercatat 992 hPa.

Siklon Tropis Blance diperkirakan bergerak menuju barat daya mencapai wilayah Kalumburu, Australia Barat pada Senin (6/3) pukul 13.00 WIB.

“Keberadaan siklon tropis Blance mengakibatkan dampak tidak langsung berupa peningkatan hujan dan gelombang tinggi di wilayah Indonesia,” katanya.

Karena itu, BMKG mengimbau masyarakat waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan, seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, pohon tumbang, baliho dan papan iklan yang mungkin bisa jatuh serta jalan licin. (ar)

Share :