Pemkab Tulangbawang Turunkan Tim Pengawas Keamanan Pangan

ilustrasi
Share :

ragamlampung.com — Pemerintah Kabupaten Tulangbawang membentuk Tim Koordinasi Keamanan Pangan Terpadu Daerah, menjelang Ramadhan dan Lebaran tahun ini. Tim ini bertugas mengawasi keamanan pangan di pasar.

Tim dengan leading sektor Dinas Ketahanan Pangan, Kamis (4/5/2017), mulai bertugas dengan inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Putri Agung Menggala dan Pasar Unit 2 Banjar Agung. Tim beranggotakan Kabid Keamanan Pangan Maria Ulfa, Kasi Kelembagaan, Kerjasama dan Informasi Kemananan Pangan Rudy Indrawan, dan Kasi Pengawasan Kemananan Pangan Mahlia.

Dalam sidak di Pasar Putri Agung Menggala dan Pasar Unit 2 Banjar Agung, tim mengunjungi pedagang tradisional dan memantau langsung produk pangan yang dijual pedagang. Mulai daging, ikan, sayur mayur, buah-buahan untuk memastikan aneka pangan tersebut ketersediaannya cukup dan aman untuk dikonsumsi konsumen.

Belum ditemukan adanya pangan atau bahan konsumsi lainnya yang mengandung zat berbahaya. Tapi, tim mengambil beberapa sampel yang akan dites di laboratorium. “Hasil uji akan ditindaklanjuti. Jika diketahui ada pedagang sengaja menggunakan formalin atau zat berbahaya, kami tindaklanjuti,” kata anggota tim, Suwandi. (ar)

Share :