Bimtek DPRD Tulang Bawang Pelajari Pengoptimalan Anggaran

0
30
Bimtek DPRD Tuba pengoptimalan anggaran di Jakarta bulan April lalu

ragamlampung.com – Upaya dalam meningkatkan Pertumbuhan dan Perkembangan Perekonomian di Kabupaten Tulang Bawang terus dilakukan . Salah satunya fungsi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) yang harus dimaksimalkan.

Wakil Ketua DPRD Tuba Herwan Saleh SE, mengatakan, pertumbuhan ekonomi akan semakin meningkat sejalan dengan Era Globalisasi. Pertumbuhan perekonomian daerah menjadi tonggak dan akar kemajuan pertumbuhan ekonomi Indonesia secara Keseluruhan, dalam hal ini DPRD seluruh Indonesia memengang peranan penting dalam peningkatan sumber daya daerah maupun pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan.

Menurut Herwan, pembangunan Perekonomian di daerah tidak hanya berpusat pada pengembangan daerah  itu sendiri melainkan ditunjang dengan berbagai investasi dan kerjasama dengan pihak lain di luar, tapi tentunya dalam hal ini harus tetap mendasar pada tujuan perekonomian Indonesia sesuai dengan UUD 1945 pasar 33. Peraturan Mentri Dalam Negri No 64 Tahun 2012 tentang pedoman pemberian Insentif dan pemberian kemudahan penanaman modal di daerah, diharapkan menjadi pemacu semangat daerah dalam berlomba-lomba meningkatan Pendaapatan Daerah masing-masing sehingga perekonomian indonesia secara keseluruhan dapat meningkat,kokoh dan kuat dalam menghdapai  perekonomian dunia.

“Atas dasar acuan tersebut di atas pemahaman optimalisasi barang milik daerah harus dipaham oleh unsur DPRD dan pemerintahan daerah di setiap wilayah. Pemerintah menyusun anggaran itu secara teknis dengan kriteria efesiensi dan profesinal. Pemerintah mengendalikan anggaran negara dari segi penerimaan dan pengeluarannya. Dari komponen-komponen penerimaan itu dapat diteliti tentang hubungan antara masing-masing komponan dengan kegiatan lainnya, atau pengaruhnya terhadap variabel lainnya yang mempunyai hubungan kausal maupun fungsional,”paparnya usai Bimtek belum lama ini.

variabel ini dapat dihubungkan dengan variabel-variabel lain yang mempunyai korelasi yang erat, misalnya tingkat inflasi, tingkat pendapatan, dan lain sebagainya. Demikian pula dari segi pengeluaran, kegiatan-kegiatan mana yang dapat berdampak pada tingkat pertumbuhan, pemerataan, dan lain-lain. Maka dengan ini akan menyelenggarakan Bimbingan Tekhnis .

“Pedoman Penyusunan APBD Tahun Anggaran kedepan serta Teknis Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD)  di harapkan para pimpinan dan anggota DPRD akan mendapatkan masukan dan informasi yang lebih mendalam berkaitan dengan hal tersebut  guna membantu memperlancar dalam menjalankan Tugas dan fungsi secara optimal sebagai pimpinan dan anggota DPRD,” ungkapnya (adv).

LEAVE A REPLY

Silahkan Isi Jawaban Yang Benar * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.