Kerusakan Jalintim Bakal Ganggu Arus Mudik Lebaran

jalan rusak di jalintim-ilustrasi
Share :

ragamlampung.com -– Sejumlah ruas jalan Lintas Timur (Jalintim) masih rusak dan bakal mengganggu perjalanan para pemudik Lebaran nanti. Jalanan rusak didominasi berlubang, apalagi saat hujan turun akan tergenang air sehingga rawan kecelakaan lalu lintas.

Keterangan yang dihimpun, Senin (8/5/2017), kerusakan mulai terjadi di Tegineneng (Kabupaten Pesawaran) hingga Simpang Pematang (Kabupaten Mesuji). Kerusakan jalan terparah terjadi setelah Bandar Jaya (Kabupaten Lampung Tengah) hingga Unit II (Kabupaten Tulangbawang).

Pemerintah sudah memperbaiki jalan yang rusak tersebut beberapa waktu lalu, tapi banyak yang rusak lagi karena hanya ditambal. Kondisi diperparah guyuran hujan yang mengakibatkan jalan tergenang air yang mempercepat kerusakan. Penyebab kerusakan lainnya, jalanan dilintasi truk angkutan barang yang melebihi tonase.

Mulyadi, warga Desa Buluh Cawang, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatra Selatan, mengatakan, kerusakan jalintim sudah terjadi mulai dari desanya hingga Kabupaten Tulangbawang. Pemerintah diharapkan segera memperbaiki jalan lintas tersebut sebelum arus mudik Lebaran.

“Terkadang tidak ada pilihan harus lewat jalintim ke Lampung. Tapi, jalannya sekarang banyak yang rusak, harus hati-hati dan waspada,” kata dia.

Waki Ketua Komisi IV DPRD Lampung, Kadek Swadika mengatakan, penyebab kerusakan jalan karena truk yang melintasinya membawa muatan berlebih. Ia juga mendesak pemerintah segera memperbaiki kerusakan jalan, setidaknya perbaikan mencapai target 75 persen jalan mulus. (ar)

Share :