Sisi Lain Prabowo Subianto: Larang Bunuh Binatang di Rumahnya

prabowo subianto
Share :

ragamlampung.com — Saat ini hanya dialah orang yang paling mungkin menantang Joko Widodo untuk perebutan kursi kepresidenan Indonesia tahun 2019. Dan sisi lain kehidupan mantan Danjen Kopassus ini jauh dari kesan galak dan kaku.

Justru sebaliknya, sebuah kejadian unik mengejutkan ketika melihat dia dengan lembut membujuk semut dari piring makanannya: “Hei semut, turunkan makananku!”

Prabowo adalah seorang penyayang binatang dan telah mengeluarkan perintah ketat di area rumahnya tidak ada seekor makhluk pun boleh dilukai. Di retret gunung yang indah di Hambalang, Bogor, Jawa Barat, perintah itu berlaku terhadap semua orang sekelilingnya, bahkan jaring laba-laba pun harus dibiarkan utuh.

“Itulah masalahnya dengan saya, Anda tahu, siapa pun yang tinggal di sini tidak diizinkan untuk membunuh hewan apa pun,” katanya kepada Fairfax Media, dilansir dari The Sidney Herald Morning, Senin (8/5/2017).

“Bahkan semut pun tidak bisa disentuh, jadi, saya harus bernegosiasi dengan mereka, tapi Anda percaya atau tidak, mereka tidak mengganggu makanan saya.”

Prabowolah yang mengingatkan Presiden Jokowi untuk membatalkan eksekusi 9 April di Bali terhadap sembilan penyelundup heroin Andrew Chan dan Myuran Sukumaran. Pemerintah Australia telah memohon kepada Indonesia untuk menyelamatkan nyawa mereka.

“Saya katakan, pendapat saya adalah bahwa jika kepala pemerintahan yang ramah meminta sesuatu dari Indonesia, saya pikir akan menjadi kepentingan nasional kita untuk menghormati permintaan tersebut. Itulah argumen saya, pada dasarnya, kita membutuhkan pertemanan, kita membutuhkan hubungan baik. Tapi, saran saya tidak didengarkan saat itu,” katanya.

Prabowo khawatir tentang hukuman mati. Dia telah membaca terlalu banyak kasus gugurnya keadilan di AS, di mana kemajuan dalam pengujian DNA telah ditemukan, terlalu terlambat, bahwa orang yang dieksekusi itu tidak bersalah.

Tahun 2013 dia menyewa seorang pengacara terkemuka untuk memperjuangkan tenaga kerja wanit Wilfrida Soik, yang menghadapi hukuman mati di Malaysia. Salah satu staf Prabowo mengatakan, bahwa Wilfrida menangis saat hidupnya terhindar dari hukuman mati.

“Jadi iya, saya kira … hukuman mati harus diberikan dalam sangat jarang [kesempatan] dan katakanlah … kasus yang benar-benar Anda yakin, mungkin pembunuhan massal.”

Jadi apakah dia akan menghapus hukuman mati jika dia menjadi presiden? “Mungkin masih harus di buku sebagai sanksi … tapi mekanisme untuk memberikan hukuman harus sangat ketat, banyak papan review. Dan kekuatan presiden untuk mengatur kalimat yang menurut saya harus benar-benar diperkuat.”

Seorang mantan jenderal bintang tiga, Prabowo bertugas di militer selama lebih dari 20 tahun, kariernya cemerlang hingga menjadi salah satu orang paling kuat di negara ini. Namun, tahun 1998 dia dipecat setelah pasukan di bawah komandonya dituduh menculik dan menyiksa aktivis anti-Soeharto. Dua tahun kemudian dia dilarang memasuki AS karena tuduhan pelanggaran hak asasi manusia.

Tapi, setelah bertugas di Yordania, Prabowo – mengatakan bahwa dia selalu ingin melayani rakyat Indonesia – dan kembali ke Tanah Air dengan cara luar biasa. Tuhan telah memberinya kekayaan. Minat bisnisnya meliputi minyak dan gas, kelapa sawit, kehutanan dan pertambangan.

Prabowo mengatakan bahwa ia bisa saja menikmati hidupnya. Retret gunungnya yang tenang dengan kuda-kudanya, helipad, bugenvil ungu, dan pemandangan pegunungan biru bayangan yang menakjubkan 50 kilometer dan dunia yang jauh dari daerah kumuh dan kekacauan di Jakarta. (ar)

Share :