Panen Perdana Singkong Karya Jaya Belum Sesuai Terget

Share :

ragamlampung.com  – Panen perdana singkong kemitraan di permukiman Karya Jaya, register 45 sungai buaya mesuji Lampung, menurut ketua gapoktan Kristiyadi, hasil panen itu, tidaklah sesuai dengan yang diharapkan, atau belum mencapai target.

Dalam konteks​ itu, Kristiyadi mengharapkan untuk kedepannya, seluruh lapisan masyarakat turut serta juga pro-aktif dalam meningkatkan hasil produksi.

“Jadi kedepannya, saya harap semuanya ikut turut serta dalam pencapaian target  panen kemitraan ini,” ungkapnya.

“Jangan hanya menuntut hak, tetapi kewajiban kita sebagai petani masyarakat mitra, ya harus terlibat langsung dalam mengawasi lahan yang di mitrakan sejak pengolahan lahan sampai ke pemanenan,” ungkap Kristiyadi, dikala bincang-bincang dengan awak media ini. Senin, (12/6/2017).

Menurut Kristiyadi, dengan tidak terpenuhinya target hasil produksi 25 sampai 30 ton itu, tidak tercapai.  Otomatis juga tujuan kerjasama yang saling menguntungkan untuk mensejahterakan masyarakat sangat dimungkinkan untuk tidak tercapai.

“Dengan tidak terpenuhinya target hasil panen perhektar 25 sampai 30 ton.Tentukan berpengaruh nawacita kerjasama kemitraan yang ia soroti,” ungkapnya.

Saat ini, Kristiyadi lanjut menjelaskan, bahwa singkong kemitraan ini kriteria acuan untuk menekan kecilnya refaksi, ikut standar pabrik tapioka BAH bujuk.

“Saat ini, acuan kami untuk menekan kecilnya refaksi, seloroh dengan standar pabrik tapioka BAH bujuk. Yaitu, cecekan singkong yang bagus, umur singkong standar minimal berumur 11 bulan, dan tidak ada tanah yang termuat saat prosesi pemanenan,” tambahnya.

Sementara Joko, salahsatu petani singkong kemitraan​ mengungkapkan, bahwa tidak tercapai target panen disebabkan oleh jarak tanam yang tidak sesuai standar, yang jadi penyebab utama tidak tercapai target panen.

“Iya karena jarak tanam antar pohon singkong ini mas yang jadi penyebab utama target panen tahun ini tidak tercapai. Kami menanam jaraknya terlalu dekat sih,” kata Joko.(gst).

Share :