Pemudik dari Jawa Mulai Datangi Lampung

Share :

ragamlampung.com — Keberangkatan bus di Terminal Kalideres, Jakarta Barat, didominasi calon pemudik menuju Lampung, Jawa Tengah, Tegal, Wonosobo, dan Purwokerto. Sejak Kamis (15/6) Hingga Selasa (20/6/2017), jumlah pemudik yang berangkat di tempat itu sebanyak 17.293 pemudik, menggunakan 1.518 armada bus.

Kepala Terminal Kalideres, Revi, mengatakan, puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada H-2 atau H-3. Dinas Perhubungan DKI Jakarta telah menambah armada bus di terminal itu sebanyak 100 armada.

Sedangkan Perum DAMRI menyiapkan 639 armada bus selama arus mudik dan arus balik nanti, dioperasikan sejak 15 Juni atau H-10 sampai 11 Juli 2017 atau H+15.

Direktur Keselamatan dan Pelayanan Perum DAMRI, Gede Pasek Suardika, mengatakan, pihaknya memasang kamera CCTV di 218 bus terutama bus tujuan Lampung.

Bus melayani trayek antara lain, Kemayoran, Pulogebang, Bogor menuju Purwokerto, Purworejo, Wonosobo, Surakarta, Yogyakarta, Cilacap, Semarang, Ponorogo, Bandar Lampung, dan Palembang.

Di Pelabuhan Bakauheni dan Bandara Radin Inten II, Lampung, selama arus diturunkan sebanyak 800 personel polisi guna mengantisipasi tindak kriminalitas.

Kapolres Lampung Selatan AKBP Adi Ferdian, mengatakan, petugas disebar di berbagai tempat di area Pelabuhan Bakauheni dan Bandara Radin Inten II. Pihaknya menurunkan sebanyak 1.200 personel untuk menjaga pemudik dari Bakauheni hingga Branti. (ar)

 

Share :