Pemkab Tulangbawang Didesak Kembangkan Potensi Perikanan

Share :

ragamlampung.com — DPRD Kabupaten Tulangbawang meminta perhatian khusus dari Pemerintah Kabupaten setempat pada sektor perikanan. Potensi perikanan sangat melimpah, ditunjang adanya Way Tulangbawang yang menjadi surga dan tempat berkembang biak ikan endemik air tawar.

“Kami berharap pemkab lebih memerhatikan sektor perikanan yang mempunyai peran penting peningkatan kesejahteraan masyarakat,” kata Ketua DPRD Tulangbawang Sopi`i, Minggu (3/9/2017).

Ia juga mendesak Pemkab Tulangbawang melalui instansi terkait mengembangkan potensi lokal tersebut. Jika dapat dikembangkan akan berdampak kesejahteraan masyarakat.

Way Tulangbawang banyak dihuni komoditas ikan air tawar seperti belida, baung, patin, gabus, dan lainnya. Selain itu, letak geografis juga menunjang karena jalur lintas yang menghubungkan Provinsi Sumatera.

Potensi lain yang juga sangat bisa dikembangkan yakni oleh-oleh khas seperti ikan asap atau ikan asin. “Saya kira Tulangbawang satu satunya kabupaten di Lampung yang memiliki sentra ikan asap air tawar,” ujarnya.

DPRD, kata dia, mendukung program unggulan perikanan dan pemberdayaan masyarakat yang tinggal di bantaran Way Tulangbawang. Termasuk dukungan anggaran yang memadai. (ar)

 

Share :