Muslim Rohingya Dibantai, Suu Kyi hanya Bisa Diam

ilustrasi
Share :

ragamlampung.com — Dia dipandang sebagai suar demokrasi karena sikap tegasnya melawan kediktatoran brutal Myanmar. Bertahun-tahun mendapat perlakuan tahanan rumah hingga mendapat penghargaan Nobel Perdamaian.

Namun Aung San Suu Kyi, pemimpin de facto Myanmar kini menghadapi kritik internasional yang meningkat karena perlakuan terhadap minoritas Muslim Rohingya.

Militer mengatakan hampir 400 orang, kebanyakan dari mereka menuduh gerilyawan, tewas dalam kekerasan baru-baru ini. Menuduh militan “teroris” melakukan kekejaman terhadap warga sipil non-Muslim dan membakar desa mereka sendiri.

Namun, orang-orang Rohingya dan kelompok hak asasi manusia menuduh tentara yang melakukan tindakan brutal terhadap warga sipil. Bahkan, pejabat PBB tahun lalu mengatakan kejahatan terhadap kemanusiaan telah terjadi.

Kekerasan tersebut memicu banjir pengungsi Muslim Rohingya dari negara mayoritas penduduknya beragama Buddha. UNHCR pada hari Senin (4/9/2017), mengatakan, 87.000 orang melarikan diri ke negara tetangga Bangladesh sejak 25 Agustus. Badan-badan bantuan mengatakan beberapa orang menderita luka tembakan.

Pengungsi mengisahkan, banyak yang dibunuh termasuk anak-anak dipenggal kepalanya dan sekelompok pria dipaksa masuk ke pondok bambu sebelum dibakar hidup-hidup. Media internasional dan pengamat independen dilarang masuk wilayah tersebut.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan, kejadian di Rohingya sebagai genosida, namun klaim tersebut ditolak para ahli internasional. Tahun lalu, seorang pejabat PBB mengatakan pemerintah memiliki tujuan pembersihan etnis minoritas Muslim di Myanmar.

Dan Malala Yousafzai, orang termuda yang memenangkan Hadiah Nobel Perdamaian, mengatakan bahwa dia sedang menunggu Suu Kyi untuk mengutuk perlakuan tragis dan memalukan terhadap Rohingya.

Suu Kyi jarang berbicara di depan umum sehingga tubuh seringkali menjadi satu-satunya panduan masyarakat untuk mengetahui pendapatnya mengenai isu-isu krusial.

Namun, Phil Robertson, Wakil Direktur Divisi Human Rights Watch Asia, menggambarkan Suu Kyi sebagai bagian dari masalah. “Hanya ada kalanya bahkan seseorang seperti dia seharusnya mendapat keuntungan dari keraguan,” katanya.

Robertson juga menuduh Suu Kyi dengan pernyataan ceroboh dan menggunakan situsnya dalam bahasa yang sama dengan ekstremis anti-Rohingya yang sebelumnya dia cemaskan.

Kekerasan meletus ketika sebuah kelompok yang menamakan dirinya Arakan Rohingya Salvation Army (ARSA) melancarkan serangan dengan dalih pembelaan minoritas Muslim. Ada sekitar 1,1 juta etnis Rohingya di Myanmar.

Bersenjata terutama pisau dan bahan peledak buatan sendiri, ARSA membunuh 12 petugas polisi, seorang tentara dan petugas imigrasi. Sebagai tanggapan, militer melepaskan apa yang disebutnya “operasi pembersihan” untuk membasmi pemberontak.

Citra satelit dianalisis Human Rights Watch menunjukkan, ratusan bangunan hancur, setidaknya di 17 lokasi di seluruh negara bagian Rakhine sejak 25 Agustus 2017. Termasuk sekitar 700 bangunan terbakar habis di desa Chein Khar Li. (ar)

Share :