Verifikasi Validasi Data BDT Desa Tirtalaga Terlaksanakan, Sunardi: Selamat Tinggal!

Share :

ragamlampung.com – Verifikasi validasi data BDT (Basis Data Terpadu) tahun 2017 Desa Tirtalaga, Kecamatan Mesuji, berlangsung di Balai Desa setempat, Selasa, (26/9/2017).

Dikesempatan itu, dihadiri Camat Sunardi beserta jajarannya, Kabid Agung Subandara mewakili Kadis Dinas Sosial Mesuji, dan beberapa Aparatur Desa Tirtalaga dan BPD.

Kepala Desa Tirtalaga Rismanudin yang sudah menjabat 4 tahun itu mengucapkan terimakasih dan masih terus mengharapkan bimbingan dari Camat Sunardi.

Dikatakan Camat Sunardi, Validasi Data kriteria miskin Desa lah yang menentukan kategori pendataan mengacu aturan yang paling layak.

“Jangan sampai nanti ada lagi Masyarakat yang datang ke pak Bupati mengadu bahwa ia terlewat tak terdata. Jangan kaku, kalianlah yang menentukan Kriteria miskin itu. Sekali ini saya harap kalian bekerja atas hati nurani untuk masyarakat dalam mendata. Janganlah bekerja diorientasikan dengan uang,” jelas Sunardi, dalam sambutannya.

Kemudian Sunardi mengungkapkan sesuai informasi yang ia himpun, bahwa kala itu adalah kesempatan terakhirnya menjabat sebagai camat. karena esok hari, ia ikut dalam hajat rolling pejabat Mesuji.

Sementara Agung Subandara menyampaikan permohonan maaf dari Kadis sosial yang berhalangan hadir dikarenakan sedang Dinas luar. Kemudian Ia mengingatkan, kepada Aparatur Desa setempat yang hadir, bahwa pendataan BDT sangatlah penting dan harus selesai di bulan Oktober mendatang. Karena itu, ungkapnya, menjadi acuan Data Base untuk semua bidang.

“Saya tegaskan kepada Aparatur Desa setempat yang hadir, bahwa data BDT sangatlah penting. Dan pendataannya harus selesai di bulan Oktober mendatang. Karena ini menjadi acuan Data Base untuk semua bidang,” ringkas Agung, kemudian membacakan Kriteria BPS melakukan pendataan miskin.

Kriteria BPS itu, yaitu:

-luas bangunan,

-jenis lantai,

-jenis dinding,

-fasilitas buang air besar,

-sumber air minum,

-sumber penerangan,

-jenis bahan bakar untuk memasak,

-frekuensi makanan perminggu,

-frekuensi makan sehari,

-jumlah pakaian baru yang dibeli dalam setahun,

-akses ke Puskesmas,

-akses lapangan pekerjaan,

-pendidikan terakhir kepala keluarga,

-kepemilikan beberapa aset.

Acara itu terlaksana dengan baik. Secara bergiliran beberapa RT/RW Desa Tirtalaga membacakan data tambahan BDT. Hingga berita ini terbit, upaya verifikasi validasi data BDT Desa Tirtalaga terus dilakukan Para Aparatur Desa setempat. (gst)

Share :