Tingkatkan Minat dan Budaya Baca di Metro

Share :

ragamlampung.com – Bulan September dalam kalender nasional memiliki dua momen penting yang diantaranya sebagai Bulan Gemar Membaca dan tanggal 14 September diperingati sebagai Hari Kunjung Perpustakaan.

Tepatnya pada Pada hari ini, Rabu (27/09/2017) Pemerintah Kota Metro melalui Dinas Perpustakaan dan Kearispan Daerah Kota Metro mengadakan Hari Kunjung Perpustakaan yang dimeriahkan oleh 100 meter Lorong membaca yang bertempat di sepanjang ruas Jl. Ade Irma Suryani.

Berdasarkan laporan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearispan Daerah Kota Metro Syahcri Ramadan menyampaikan tema kegiatan ini yaitu, Melalui Hari Kunjungan Perpustakaan Kita Tingkatkan Minat dan Budaya Baca Masyarakat Kota Metro.

“Selain itu tujuan dilaksankan kegiatan ini adalah, untuk menumbuh kembangkan gemar membaca melalui berbagai bacaan dan mendia. Menarik minat baca anak tentang buku-buku cerita budaya daerah, serta menumbuh kembangkan kecintaan kepada masyarakat akan budaya baca,” ucapnya.

Lebih lanjut, Syahcri Ramadan mengatakan peserta yang mengikuti lapak baca sebanyak 67 peserta. “Peserta tersebut diantaranya dari 11 SD, 7 SMP, 8 SMA, 1 Perguruan Tinggi, 8 OPD, 11 Rumah Pintar, 21 peserta umum dan pribadi. Dimana kegiatan ini dimaksudkan untuk menumbuh kembangkan kembali semangat literasi di Kota Metro,” paparnya.

“Tak hanya itu, kegiatan peringatan ini sudah dilaksanakan dari bulan Agustus dan puncaknya pada hari ini. Dengan awalnya hanya terdiri dari 4 kegiatan lomba diantaranya, lomba mewarnai tingkat TK, Lomba bercerita tingkat SD, Lomba pidato Bahasa Inggris tingkat SMP dan Lomba cipta dan baca puisi tingkat SMA,” jelas Syahcri Ramadan.

Sementara pada saat pembukaan acara Hari Kunjung Perpustakaan tersebut, Walikota Metro Achmad Pairin mengapresiasi kegiatan ini. Dimana dari kegiatan ini juga mampu dalam mendukung visi Kota Metro sebagai Kota Pendidikan dan Wisata Keluarga berbasis Ekonomi Kerakyatan Berlandaskan Pembangunan Partisipatif.

“Semoga kegiatan ini dapat menjadikan orang di Kota Metro menjadi pandai, salah satunya dengan membiasakan diri untuk membaca dan melalui kegiatan inilah kita dapat membiasakan diri untuk membaca. Semoga program yang bagus ini dapat berjalan terus, untuk panitia yang berpartisipasi, saya ucapkan terimakasih,” ucap Pairin sebelum membuka acara tersebut.(ma)

Share :