Percepat Program Perlindungan Anak di Sekolah

Share :

ragamlampung.com – Menyandang sebutan sebagai Kota Layak Anak, Pemerintah Kota Metro pada selasa (3/10) kemarin, telah kedatangan tamu dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI.

Kedatangan PPPA ini, untuk melakukan perkembangan Sekolah Ramah Anak (SRA) di Kota Metro.

Pertemuan yang berlangsung di Ruang Kerja Wakil Walikota Metro ini, bertujuan untuk mempercepat mewujudkan program perlindungan anak di sekolah, yang mana program tersebut bernama Sekolah Ramah Anak dan pertemuan ini, langsung dihadiri oleh Asdep Pemenuhan Hak Pendidikan Anak Kementrian PPPA RI Elvi Hendrani beserta rombongan.

Adapun kedatangan Elvi Hendrani berserta rombongan ke Kota Metro adalah untuk bertemu langsung dengan Walikota Metro untuk melakukan kerjasama membentuk SRA dan dalam hal ini telah diwakili oleh Wakil Walikota Metro Djohan SE.

“Sebelum melakukan kunjungan yang ke 3 kalinya ini, Tim kami telah melakukan pembinaan kepada kurang lebih 100 orang dari 17 sekolah yang ada di Kota Metro yang menghasilkan 4 sekolah yang terpilih sebagai pelopor dan akan diawasi oleh tim fasilitator kita, yaitu Ibu Sowiyah,” ujar Elvi Hendrani.

Dia menyebut empat sekolah yang dijadikan pelopor ini adalah sebagai pemicu, dan selebihnya untuk sekolah yang lain akan dilaksanakan oleh pemerintah daerah sendiri untuk mengembangkan sekolah ramah anak ini.

“Dan pada kesempatan ini 4 sekolah tersebut diberikan bantuan sejumlah 25 juta rupiah, yang terbagi 2 juta rupiah berbentuk alat permainan dan buku. Sementara 23 juta diperuntukan guna penunjang sarana dan prasarana mendukung sekolah ramah anak,” terang Elvi Hendrani.

Sementara Wakil Walikota Metro Djohan mengatakan harapannya agar semua sekolah yang ada akan dapat menjadi sekolah ramah anak dan untuk 4 sekolah yang telah terpilih ini, akan diperlombakan.

“Untuk Sekolah Ramah Anak ini, jangan dilihat hanya bantuannya saja, namun yang terpenting adalah kelayakan ruang lingkup pendidikan yang meliputi ruang bermainnya. Mudah-mudahan Kota Metro benar-benar layak menjadi sebagai Kota Sekolah Ramah Anak dan mudah-mudahan kedepan Kota Metro menjadi lebih baik,” paparnya.

Adapun 4 sekolah yang menerima bantuan dan dijadikan pelopor diantaranya SMPN 4 Metro, SD Aisyiyah Metro, SDN 4 Metro Timur dan SDN 5 Metro Barat.(ma)

Share :