Mantan Presiden Obama Kembali Lagi ke Dunia Politik

mantan presiden amerika serikat barack obama.
Share :

ragamlampung.com — Mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama kembali ke dunia politik dengan berkampanye dalam pemilihan gubernur New Jersey dan Virginia. Pemilihan berlangsung bulan depan, dan ia mendukung calon dari Demokrat.

Peristiwa hari Kamis (19/10/2017), menandai pertama kalinya mantan presiden dari Partai Demokrat itu kembali memasuki sorotan politik sejak meninggalkan Gedung Putih. Tidak seperti penampilan awal tahun ini, Obama akan tampil lebih sering di dua negara bagian hingga pemilihan paruh waktu dimulai tahun 2018.

“Obama tampaknya bertekad untuk menjadi mantan presiden yang aktif dan memainkan peran dalam isu yang berbeda dan terlibat dalam politik,” kata profesor Rutgers University, David Greenberg, dikutip dari Time, Jumat (20/10/2017).

Obama berharap bisa memengaruhi pemilih di New Jersey dan Virginia. Obama pertama-tama akan terjun di kampanye di Newark, New Jersey, untuk kandidat Demokrat Phil Murphy, yang bersaing dengan Kim Guadagno.

Ia kemudian akan menuju ke Richmond, Virginia, untuk menggalang dukungan bagi calon Demokrat, Ralph Northam.

Popularitas Obama masih tak terbantahkan. Dalam sebuah jajak pendapat bulan Agustus, NBC News/Wall Street Journal menyatakan, 51 persen orang Amerika menilai Obama tetap terbaik, sementara 35 persen memiliki opini negatif.

Dalam jajak pendapat sama, 36 persen mengatakan mereka memiliki opini positif terhadap Trump dan 52 persen memiliki opini negatif.

Di Richmond, ribuan orang berbaris pada hari Selasa untuk mendapatkan tiket menghadiri kampanye Obama.

Obama dipaksa untuk kembali “cukup cepat,” kata sejarawan Julian Zelizer dari Universitas Princeton.

“Presiden saat ini telah mengubah semua asumsi konvensional tentang apa yang harus dilakukan,” kata Zelizer. (ar)

Share :