Pemprov Lampung Cari Masukan Penanggulangan Kemiskinan

Share :

ragmlampung.com — Pemerintah Provinsi Lampung memberikan CSR Award 2017 kepada sejumlah perusahaan di daerah itu. Acara itu juga dibarengi sidang pleno Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) ke XIX, Rabu (18/10/2017) malam.

Perusahaan yang ikut ambil bagian dalam CSR Award antara lain, PT PLN, Nestle, Jasa Raharja, GGP, dan belasan perusaahan besar lainnya.

Sedangkan sidang pleno ISEI diikuti ratusan sarjana ekonomi anggota ISEI dari seluruh provinsi. Hadir juga Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution dan anggota Pertimbangan Presiden, Sri Adiningsih.

Gubernur Lampung, M Ridho Ficardo mengatakan, pemprov terus berupaya menanggulangi kemiskinan dengan melihat potensi yang ada. Separuh penduduk Lampung mengandalkan sektor pertanian. Karena itu, untuk meningkatkan perekonomiannya dengan meningkatkan hasil pertanian.

“Cara yang paling mudah adalah membangun dari pinggiran (pedesaan) sebagai sumber pertanian. Yang paling mendasar menyiapkan kebutuhan air sebanyak-banyaknya. Kalau kemarau, hasil pertanian akan minim, tapi dengan air yang cukup bisa naik 2 sampai 3 kali lipat,” kata gubernur.

Ridho berharap, seminar nasional ini muncul pemikiran-dari para pengurus ISEI se-Indonesia, untuk memberikan dukungan kepada pemerintah daerah.

“Tugas utama pemerintah daerah adalah menyejahterakan masyarakat, tapi pemerintah daerah tidak ada lembaga khusus untuk mengentaskan kemiskinan, misalnya dinas pengentasan kemiskinan. Yang ada dinas teknis. Hasil seminar ini bisa dilanjutkan ke Bapedda untuk merancang pengentasan kesenjangan sosial,” ujar Ridho. (rls/ar)

Share :