Wajah Penyihir Abad 18 Berhasil Direkonstruksi Digital

ilustrasi
Share :

ragamlampung.com — Wajah penyihir abad 18 yang meninggal di penjara sebelum dieksekusi dengan cara dibakar karena kejahatannya, direkonstruksi secara digital. Lilias Adie, dari Torryburn, Fife, Skotlandia, meninggal tahun 1704 saat karena menjadi penyihir dan mengaku berhubungan seks dengan iblis.

Program Time Travels BBC Radio Skotlandia sekarang membuka kedok wajahnya dengan bekerja sama dengan seorang seniman forensik di Center for Anatomy and Human Identification di University of Dundee.

Tim tersebut percaya ini satu-satunya gambaran akurat tentang penyihir Skotlandia yang ada karena kebanyakan dibakar, menghancurkan harapan untuk merekonstruksi wajah mereka dari tengkorak.

Dr Christopher Rynn, yang melakukan patung virtual 3D mutakhir, menjelaskan, ketika rekonstruksi sampai ke lapisan kulit, seperti bertemu dengan seseorang dan mulai mengingatkan orang-orang yang dikenal.

“Tidak ada dalam cerita Lilias yang menyarankan kepada saya bahwa saat ini dia akan dianggap sebagai sesuatu selain korban keadaan yang mengerikan. Jadi saya tidak melihat alasan untuk menarik wajah ke dalam ekspresi yang tidak menyenangkan atau berarti dan akhirnya dia memiliki cukup banyak. Wajahnya bagus, cukup alami. ”

Adie dijatuhi hukuman mati namun meninggal di penjara, ada yang menduga ia bunuh diri.
Jenazahnya dikubur di pantai di bawah batu besar.

Pada abad ke-19, keingintahuan ilmiah mencoba menggali kuburan Adie untuk dipelajari dan ditampilkan.

Tengkoraknya akhirnya dibawa ke Museum Universitas St. Andrews. Tapi, hilang di abad ke-20 namun gambar tengkorak tetap ada dan dipegang Perpustakaan Nasional Skotlandia. (ar)

 

Share :