Ilmuwan Bingung Temukan Planet Sebesar Matahari

0
3

ragamlampung.com — Planet raksasa hampir sebesar matahari membuat para ilmuwan bingung dan harus memikirkan kembali teori astronomi mereka. Planet itu dikenal dengan NGTS-1b, berukuran planet Jupiter. Tapi, mengitari bintang merah yang hanya setengah ukuran matahari.

Para ilmuwan memprediksi bahwa planet seperti itu bisa saja mengorbit bintang kecil, tapi ini bertentangan dengan beberapa prediksi bentuk planet.

Sistem tata surya yang misterius itu berjarak 600 tahun cahaya dari Bumi dan rasio antara bintang dan planet ini paling tidak biasa yang pernah ditemukan.

Dr Daniel Bayliss dari University of Warwick, yang memimpin tim astronom, mengatakan, penemuan NGTS-1b sangat mengejutkan. Planet masif seperti itu diperkirakan tidak ada di sekitar bintang kecil.

“Kami sudah menantang kebijaksanaan yang diterima tentang bagaimana bentuk planet. Tantangan kita adalah sekarang mengetahui seberapa umum jenis planet ini berada di galaksi,” katanya, dilansir Kamis (2/11/2017).

NGTS-1b terlihat menggunakan Survei Transit Next-Generation (NGTS), sebuah teleskop robot di gurun Atacama, Chile, yang dirancang untuk mencari planet ekstrasurya yang lewat di depan bintang induknya. (ar)

LEAVE A REPLY

Silahkan Isi Jawaban Yang Benar * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.