Lampung Barat dan Pesawaran Diguncang Gempa 5,1 SR

0
6
gempa bumi-ilustrasi

ragamlampung.com — Wilayah Kabupaten Lampung Barat diguncang gempa berkekuatan 5,1 skala Richter (SR), Kamis (9/11/2017) sekitar pukul 02.17 WIB. Gempa tersebut terasa sampai Kabupaten Pesawaran dan Kota Bandarlampung. Sedangkan di Karangasem, Bali, gempa berkekuatan 4,9 SR pada pukul 04.54 WIB.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan, Kamis (9/11) pagi, gempa di wilayah Kabupaten Lampung Barat dan Kabupeten Karangasem, terjadi dua kali.

“Gempa di Selat Sunda dan di Karangasem merupakan gempa tektonik,” kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Mochammad Riyadi dalam keterangan tertulisnya, Kamis (9/11) pagi.

Gempa di Selat Sunda berlokasi di laut pada jarak 74 km arah selatan Kota Belimbing, Kabupaten Lampung Barat, kedalaman 58 km. Hingga kini belum ada informasi Tsunami. “Gempa di Lampung Barat ini termasuk dalam klasifikasi gempa bumi dangkal,” katanya.

Gempa disebabkan aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia yang berada di Samudera Hindia sebelah barat Sumatra. (ar)

LEAVE A REPLY

Silahkan Isi Jawaban Yang Benar * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.