Pabrik Gula Bunga Mayang dan Cinta Manis Direvitalisasi

pabrik gula bunga mayang, lampung utara.
Share :

ragamlampung.com — Holding Perkebunan Nusantara (PTPN III Persero) akan merevitalisasi dua pabrik gula (PG) di Lampung, yakni Bunga Mayang dan Cinta Manis. Sedangkan di pulau Jawa, pabrik terdiri PG Mojo dan PG Rendeng di Jawa Tengah, PG Jatiroto, PG Asem Bagus, dan PG Gempolkrep, di Jawa Timur.

“Revitalisasi pabrik gula dan pembangunan pabrik baru harus selalui diringi dengan peningkatan kapasitas. Sehingga tebu petani tetap terserap dalam jumlah besar,” kata Direktur Manajemen Operasional dan Pengembangan Holding Perkebunan, Erwan Pelawi, dikutip dari Bisnis, Rabu (15/11/2017).

Ia menambahkan, pabrik baru yang sedang tahap pembangunan PG Comal kapasitas 6.000 ton tebu per hari (TCD) yang mulai beroperasi penuh mulai tahun 2020.

Sementara itu, Dirut Holding Perkebunan Nusantara Dasuki Amsir, mengatakan, holding Perkebunan Nusantara (PTPN III Persero) akan menutup bertahap 11 pabrik gula karena tidak bisa lagi berproduksi maksimal dan tidak efisien. Pabrik tiu sudah berusia tua di atas 100 tahun.

Pabrik tersebut masing-masing tiga pabrik gula di PTPN IX, tiga pabrik di PTPN X dan lima pabrik di PTPN XI.

Ia mengatakan, penutupan pabrik gula di tiga lokasi bagian dari program transformasi bisnis perusahaan yang sedang melakukan revitalisasi sejumlah pabrik gula dan termasuk membangun pabrik baru. (ar)

Share :