Diselidiki Kasus Korupsi, Jenderal Senior Bunuh Diri

ilustrasi
Share :

ragamlampung.com — Seorang jenderal senior China yang sedang diselidiki karena penyuapan, membunuh dirinya sendiri. Jenderal Zhang Yang, ditemukan tewas gantung diri di rumahnya di Beijing, pada 23 November lalu.

Dikutip dari kantor berita Xinhua, Jenderal Zhang tinggal di rumah saat ditanyai sehubungan dengan tuduhan korupsi.

Pihak berwenang mengutuk Jenderal Zhang sebagai pengkhianat dan pengecut karena telah mengambil nyawanya sendiri.

“Bunuh diri untuk menghindari hukuman dari partai dan undang-undang negara sangat keji,” komentar yang dikeluarkan Harian Tentara Pembebasan Rakyat, surat kabar resmi militer China.

Jenderal Zhang berusia 66 adalah satu dari 11 orang di Komisi Militer Pusat yang memimpin angkatan bersenjata. Dia menjabat direktur departemen politik militer sebelum menghilang dari pandangan publik lebih dari dua bulan lalu.

Jenderal Fang Fenghui, bintang lain yang sedang naik daun di militer China juga lenyap dari pandangan publik pada waktu hampir bersamaan.

Analis mengatakan kematian Jenderal Zhang kemungkinan semakin menggetarkan Tentara Pembebasan Rakyat, yang telah terguncang dari puluhan penangkapan komandan tertinggi.

Steve Tsang, direktur Institut China di Sekolah Studi Oriental dan Afrika di London, mengatakan, kematian tersebut akan membuat Presiden China Xi Jianping lebih bertekad menghukum pejabat yang korupsi. (ar)

Share :