Ibu Muda di India Lahirkan Bayi Putri Duyung

Share :

ragamlampung.com — Seorang ibu muda di India melahirkan bayi “putri duyung”, namun jenis kelaminnya tak dikenal karena anggota tubuhnya mulai pinggul hingga kaki pelvis dan kaki terbelakang yang menyatu.

Dokter mengidentifikasi kondisi bayi itu sebagai sirenomelia – juga dikenal sindrom putri duyung. Bayi itu meninggal empat jam kemudian.

Ibu bayi itu, Muskura Bibi tidak melakukan pemindaian ultrasound sebelum kelahiran karena tidak menyadari kondisi bayinya.

Dikutip dari Mail Online, Sabtu (9/12/2017), Bibi melahirkan pada hari Rabu (6/12/2017)bpagi di Rumah Sakit Chittaranjan Seva Sadan, Kolkata, India timur.

Menurut dr Sudip Saha, spesialis kebidanan dan ginekologi di rumah sakit, Bibi dan suaminya kekurangan dana untuk perawatan kehamilan yang cukup, yang dalam kasus yang jarang, dapat menyebabkan kondisi ini.

Dia menjelaskan bahwa bayi memiliki tubuh bagian atas yang terbentuk sepenuhnya, namun bagian bawahnya sepenuhnya disfungsional karena kelainan kongenital.

Ini adalah kasus sirenomelia terdokumentasi kedua di India, dengan seorang wanita dari Uttar Pradaesh melahirkan “bayi putri duyung” pada tahun 2016. Anak itu bertahan hanya 10 menit.

Sirenomelia, atau sindrom putri duyung, adalah anomali janin kongenital langka yang diperkirakan mempengaruhi satu dari setiap 100.000 bayi.

Penderita biasanya tidak memiliki genitalia yang dapat dikenali dan mereka juga cenderung memiliki organ terbelakang yang menyebabkan kematian mereka.

Sebuah studi tahun 2015 yang diterbitkan Journal of Natural Science, Biology and Medicine menggambarkan sirenomelia sebagai “tidak sesuai dengan kehidupan”, karena tidak ada penderitanya yang bisa bertahan hidup sampai saat ini.

Sementara penyebab pasti tetap tidak diketahui, penelitian yang sama mengidentifikasi hubungan yang kuat antara kondisi dan diabetes ibu. (ar)

Share :