Aina Gamzatova, Wanita Muslim Calon Presiden Rusia

aina gamzatova
Share :

ragamlampung.com — Daftar calon presiden Rusia terus bertambah. Kali ini datang dari seorang jurnalis Muslim yang merupakan istri dari penasihat pemerintah. Aina Gamzatova, seorang jurnalis yang sukses dan kepala media Muslim terbesar di Rusia.

Ia menyerahkan surat pendaftarannya kepada Komite Pemilu Pusat, Senin (1/1/2018. Dia dinominasikan sebagai kandidat presiden oleh sebuah kelompok inisiatif lokal di Republik Dagestan, Rusia, pada akhir Desember 2017.

Gamzatova adalah istri kepala penasihat pemerintah Dagestan, dan juga penasihat pemerintah dan masyarakatnya. Wanita berusia 46 tahun itu juga aktif menjalankan berbagai organisasi sosial.

Sebagai calon independen, tanpa dukungan partai, wanita Muslim pertama yang mencalonkan diri itu harus mengumpulkan dan mengirimkan sebanyak 300 ribu tanda tangan pendukungnya dari semua wilayah Rusia.

Kandidat yang mewakili partai parlementer tidak perlu mengumpulkan tanda tangan, sementara yang didukung partai-partai yang tidak diwakili di parlemen Rusia harus mendapat dukungan 100.000 penandatangan.

Gamzatova belum mengumumkan program pemilihan terperinci. Tapi dia telah mendapatkan dukungan dari orang-orang Muslim Rusia, bahkan mendapat perhatian media internasional, seperti Al Jazeera dan media Jerman, Iran, Indonesia, dan Bosnia. (ar)

Share :