Polri Buka Penerimaan SIPSS

0
20

ragamlampung.com — Polri membuka penerimaan Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) tahun ajaran 2018. Syarat pendaftar harus lulus sarjana (S1) dari kedokteran umum atau S2 profesi kedokteran forensik, klinis dan psikologi.

Syarat tersebut untuk program studi kedokteran dan wajib ijazah dokter spesialis bagi dokter forensik dan klinis.

Bagi dokter umum wajib memiliki Surat Tanda Selesai Intersip (STSI) dan Surat Tanda Registrasi (STR) definitif.

Seperti dilansir dari laman Polri, Selasa (23/1/2018), SIPSS juga menerima S1 lulusan seni musik, psikologi, komunikasi, desain grafis, teknik informatika, teknik kimia, dan teknik penerbangan.

Untuk D-IV, khusus ahli nautika tingkat III, wajib memiliki ijazah ahli dari Ditjen Perhubungan Laut. Semua ijazah yang dimaksud harus dikeluarkan oleh perguruan tinggi dengan akreditasi program studi A dan B dengaj IPK minimal 2.75.

Lulusan S2 profesi saat pendidikan minimal 33 tahun, S1 profesi 29 tahun, S1/D-IV 26 tahun. Tinggi badan pria minimal 160 cm, wanita 155 cm.

Pendaftar yang dinyatakan lolos harus mengikuti tujuh pengujian, yaitu pemeriksaan administrasi, kesehatan tahap I, penelusuran mental dan kepribadian, pemeriksaan psikologi tertulis, kesehatan tahap II, administrasi akhir, dan sidang penetapan kelulusan tingkat panitia daerah.

Pendaftaran dapat dilakukan melalui laman peneriman resmi Polri, di www.penerimaan.polri.go.id.

Setelah mendapat ID Register, pendaftar harus datang ke Bagdalpers RO SDM Polda Lampung guna melakukan verifikasi agar menerima nomor Polda. Administrasi awal yang harus dipersiapkan ialah KTP, KK asli dan salinan rangkap tiga yang dilegalisir.

Pendaftar juga harus membawa akta kelahiran asli dan salinan rangkap tiga yang dilegalisir, semua ijazah asli dan salinan rangkap tiga legalisir, salinan sertifikat akreditasi BAN PT rangkap tiga legalisir, SKCK asli dan salinan rangkap tiga legalisir.

Pendaftar juga harus membawa surat kesehatan asli dan salinan rangkap tiga legalisir, surat keterangan tidak melakukan KKN dalam proses seleksi, yang dapat diunduh di laman resmi penerimaan.

Pendaftar harus menyertakan surat permohonan menjadi anggota Polri asli dan salinan. Format surat dapat diunduh di laman resmi penerimaan. Surat persetujuan dari orang tua dan pernyataan belum menikah pun harus disediakan pendaftar dengan dilampirkan salinan.

Pendaftar harus melampirkan daftar riwayat hidup, surat perjanjian ikatan dinas pertama, surat pernyataan tidak terikat perjanjian dengan instansi lain, surat pernyataan orangtua, dan pas foto berwarna ukuran 4×6 berlatar merah sebanyak 10 lembar. Setiap surat bisa diunduh di laman resmi penerimaan dan harus dilampirkan salinan.

Waktu pendaftaran SIPSS dimulai tanggal 16 Januari 2018 hingga 1 Februari 2018. Pendaftar yang ingin mengetahui keterangan lebih lanjut bisa menghubungi Bagdalpers Biro SDM Polda Lampung 0721 488450 atau Bagsumda masing-masing polres di Lampung. (ar)

LEAVE A REPLY

Silahkan Isi Jawaban Yang Benar * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.